Kebangkitan Gotik: Ekspresi Seni yang Membahana di Northampton

Kebangkitan Gotik: Ekspresi Seni yang Membahana di Northampton

Kebangkitan Gotik: Ekspresi Seni yang Membahana di Northampton--(Sumber foto: Instgram @art.viewer)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sebuah karya seni audio visual terbaru, Kebangkitan Gotik, yang diprakarsai oleh NN Contemporary Art di Northampton, disebut sebagai “surat cinta untuk Inggris” oleh seniman David Panos

Melalui penggabungan arsitektur kota dan harmoni musik dari Bauhaus, grup lokal, proyek ini menjadi ciri seni yang unik, Minggu (3/11/2023).

Dalam film ini, Panos merenung tentang hubungan antara arsitektur gotik era Victoria dengan musik gotik abad ke-20. 

Terinspirasi oleh pengalamannya sebagai seorang yang pernah tergila-gila dengan gaya gothic, karya ini diungkapkannya sebagai “pandangan kembali kita ke masa lalu.

BACA JUGA:Festival Indonesia Timur 2023 Meriahkan Kota Rijswijk, Belanda

Lokasi ikonik Northampton, seperti Guildhall dan Gereja All Saints, diabadikan dalam instalasi ini bersama musik dari paduan suara dan band lokal Raven Rust. 

Mereka menghidupkan kembali lagu-lagu klasik dari Bauhaus, pionir rock gotik asal Northampton, menciptakan pengalaman yang memadukan sejarah dan seni.

Dalam wawancara dengan BBC Radio Northampton, Panos menyatakan bahwa karyanya dapat dianggap sebagai “surat cinta untuk Inggris,” sebuah pujian yang diterimanya dengan bangga.

Sementara seniman eksternal yang berpengalaman dan pemenang Penghargaan Jarman membawa perspektifnya yang berbeda, menyoroti keberagaman seni di luar pusat seni London.

BACA JUGA:Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).

Kebangkitan Gotik menjadi puncak dari seri Sensing Place NN Contemporary Art, sebelum galeri senilai £4,7 juta di 24 Guildhall Road dibuka tahun depan. 

Rencana pembukaan galeri ini menjanjikan pengalaman seni yang mendalam dengan galeri gratis dan ruang acara yang menarik, mencakup lima lantai.

Dengan instalasi berlangsung di Vulcan Works hingga 20 Januari, Kebangkitan Gotik mengajak penonton untuk merenung atas kekayaan sejarah dan budaya Northampton. 

Sementara para penggemar seni menantikan pembukaan galeri baru sebagai babak baru dalam penghargaan terhadap seni di kota ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: