SPKT Polres OKU Diserbu Bacaleg OKU

SPKT Polres OKU Diserbu Bacaleg OKU

Kasat Intel Polres OKU AKP Hendri Antonius saat meninjau pelayanan SKCK pada hari Rabu, 5 April 2023.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) kini mulai disibukkan satu tahun jelang pelaksanaan Pemilihan Legistatif (Pileg). Sejumlah Bacaleg dari berbagai Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten OKU telah mulai melengkapi berkas administrasi.

Salah satunya adalah pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang kini mulai disiapkan oleh bakal calon wakil rakyat tersebut.

Pantauan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres OKU pada Rabu, 5 April 2023, mulai  dipadati para pemohon SKCK. Kondisi ini sendiri berbeda dari kondisi biasanya.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui Kasat Intel AKP Hendri Antonius mengungkapkan, sejak hari Senin lalu memang terjadi peningkatan jumlah pemohon SKCK dengan tujuan permohonan sebagai syarat pencalonan anggota legislatif.

BACA JUGA:Polda Sumsel Bagikan Lima Ribu Paket Sembako

BACA JUGA:Komunitas Motor Dua Tak di Palembang Gelar Bakti Sosial di Bulan Ramadan

"Memang terjadi peningkatan jumlah pemohon yang membuat SKCK. Dari data, tujuan pemohon ini untuk syarat administrasi caleg," ujar AKP Hendri Antonius.

Diprediksi bakal banyak Bacaleg yang akan membuat SKCK. Oleh karena itu, pihaknya memberikan kemudahan bagi para bakal calon dalam membuat SKCK. Di antaranya adalah dengan menyerahkan berkas yang sudah lengkap sesuai persyaratan secara kolektif per partai politik.

"Ini untuk mempermudah saja, karena diprediksi lebih dari 500 orang yang akan membuat SKCK tersebut. Jadi bisa dikumpulkan berkasnya per partai. Namun, hanya pada penyerahan berkasnya saja. Pada saat pengambilan SKCKnya tetap harus sendiri-sendiri. Sampai saat ini sudah ada dari PKS sebanyak 10 orang dan PKB 12 orang yang mengajukan permohonan SKCK," jelas Hendri.

Hal ini menurutnya, telah disosialisasikan Polres OKU mengenai syarat pembuatan SKCK kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU beberapa waktu lalu. Kemudian, pihak KPU juga meneruskan informasi tersebut ke peserta Pemilu.

BACA JUGA:Bazar Ramadan Digital Ramai Diserbu Warga Ilir Barat II

BACA JUGA:Hati Fitrianti Agustinda Terenyuh, Berkah Ramadan bagi Isyah Penderita Stroke

Sementara itu, salah satu Bakal Calon Legislatif dari PKS Daerah Pemilihan 1 (Dapil 1) Nurlisa mengaku dirinya sengaja membuat SKCK sejak awal. Hal itu agar dirinya tidak ingin terlalu berdesakan di kemudian hari.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv