Jajaran Pegawai Disdukcapil Palembang Tes Urine Dadakan

Jajaran Pegawai Disdukcapil Palembang Tes Urine Dadakan

Jajaran Pegawai Disdukcapil Palembang Tes Urine Dadakan -foto/sandi pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Usai melaksanakan apel pada Senin pagi 27 November 2023 yang dipimpin langsung Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang,Gunawan. 

Jajaran pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN, di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Palembang, langsung mengikuti tes urine dadakan yang diadakan oleh pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda Palembang, Gunawan menyampaikan jika tes urine yang dilakukan BNNP Sumsel terhadap pegawai di Disdukcapil adalah hal yang biasa dilakukan. 

Selain itu, tes urine ini merupakan pembuktian jika petugas pelayanan bersih dari narkotika. Mengingat hasil positif tes urine belum tentu karena narkotika, namun bisa dikarenakan obat tertentu yang dikonsumsi, maka hasil tes akan diteliti lebih lanjut. 

BACA JUGA:Jangan Asal Pilih, Ini 3 Cara Menemukan Asuransi yang Cocok Untuk Mengcover Perlindungan Mesin Mobil Anda

Jika kedapatan ASN menggunakan narkotika akan disanksi sesuai aturan. "Kita lakukan tes urine. Sebenarnya adalah hal lazim dan biasa, tidak terjadi masalah apa-apa. 

Ini menunjukkan komitmen kita, dan memberikan pembuktian jika pegawai kita di CapilCapil memang orang-orang yang bersih. Di sini ada BNN juga, jadi kalau ada yang kedapatan akan dilakukan sanksi. 


Pj Sekda Palembang, Gunawan -foto/sandi pratama-PALTV

Namun, tes urine ini sepengetahuan saya ada yang dikarenakan obat tertentu, jadi akan diteliti lebih lanjut boleh BNN terlebih dahulu kepastiannya." Ungkap Pj Sekda Palembang Gunawan. 

Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel, Ika Wahyu Hindaryati mengatakan tes urine ini dilakukan sesuai dengan Inpres nomo 2 tahun 2020 dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkotika di seluruh Kementerian, Lembaga, dan OPD. 

Dari upaya screening ini beberapa bagian ASN didapati positif dan sudah ditindak. Tes urine ini sendiri akan digencarkan secara acak sesuai koordinasi dengan Pemerintah Daerah, guna pemberantasan narkotika. 

"Ini merupakan salah satu implementasi dari Inpres nomo 2 tahun 2020 dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkotika di seluruh Kementerian, Lembaga, dan OPD. 


Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel, Ika Wahyu Hindaryati -foto/sandi pratama-PALTV

Kita biasanya dadakan untuk tes urine. Jadi kalau ada informasi dari Pak Sekda kita langsung ke lokasi." Terang Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel, Ika Wahyu Hindaryati.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: