Mengenal Fitur Blind Spot Monitoring Pada Mobil-Mobil Modern Masa Kini, Begini Penjelasannya

Mengenal Fitur Blind Spot Monitoring Pada Mobil-Mobil Modern Masa Kini, Begini Penjelasannya

Mengenal Fitur Blind Spot Monitoring Pada Mobil-Mobil Modern Masa Kini, Begini Penjelasannya--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Fitur keselamatan pada mobil-mobil terbaru semakin berkembang pesat, tidak hanya untuk meningkatkan keamanan berkendara tetapi juga kenyamanan. Salah satu fitur yang semakin umum ditemui pada mobil-mobil modern adalah blind spot monitoring.

Apa itu Fitur Blind Spot Monitoring?

Fitur blind spot monitoring system yang menggunakan blind spot sensor adalah salah satu fitur keselamatan pada mobil yang membantu pengemudi melihat area yang tidak dapat dijangkau oleh mata manusia.

Sensor blind spot monitoring umumnya terpasang pada kaca spion dan menampilkan ikon dua mobil sebagai peringatan.

BACA JUGA:Tips Hemat dan Sehat, Ini 5 Menu Sehat Mingguan Anak Kost dibawah 50 Ribuan

Blind spot, atau titik buta, adalah situasi di mana pengemudi tidak dapat melihat beberapa area di sekitar mobilnya.

Hal ini umumnya terjadi karena batasan dari bodi mobil yang memiliki ukuran tertentu, membuat pengemudi sulit melihat kendaraan di belakang atau di samping mobil.

Blind spot merupakan area yang sulit atau bahkan tidak terlihat oleh pengemudi, dan dapat menjadi sumber potensi kecelakaan. Situasi ini seringkali disebabkan oleh ketidakmampuan pengemudi melihat apa yang terjadi di balik blind spot tersebut.

BACA JUGA:Tolong Dicari! Darma Yanti ASN Kejari OKU Ini Sudah Menghilang Selama 5 Hari

Contohnya, dalam kondisi macet di Indonesia, pengendara sepeda motor sering mencoba untuk menyusup di antara mobil-mobil.

Sayangnya, mereka sering kali berada di titik blind spot, sehingga pengemudi mobil, saat mulai bergerak, dapat tidak sengaja menabrak atau menyerempet pengendara sepeda motor.

Meskipun spion kiri dan kanan dapat membantu memperluas pandangan pengemudi, masih ada beberapa titik yang tidak dapat dijangkau oleh mata pengemudi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu fitur tambahan yang dapat memberikan peringatan kepada pengemudi terkait potensi bahaya di area blind spot.

BACA JUGA:4 Panduan Estimasi Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta: Kost, Makan Hingga Transportasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber