Menguak Misteri AC Mobil yang Tak Dingin dari Debu hingga Kondensor

Menguak Misteri AC Mobil yang Tak Dingin dari Debu hingga Kondensor

Menguak Misteri AC Mobil yang Tak Dingin --Foto : Freepik.com/freepik

3. Rutin Membersihkan Filter AC

Kebersihan dari filter AC perlu mendapat perhatian secara teratur. Filter AC yang kotor dapat menghalangi aliran udara dan berdampak negatif pada kinerja AC. Disarankan untuk melepas dan membersihkan filter AC dari debu setidaknya satu bulan sekali. Apabila kondisinya sudah sangat kotor, sebaiknya filter tersebut diganti dengan yang baru untuk menjaga kesegaran dan kebersihan AC.

BACA JUGA:Stop Repot Bersihkan Debu di Rumah! Xiaomi Meluncurkan Robot Vacuum E10 - Pakar Pembersih Lantai

 

4. Menyalakan AC dengan Tepat

Penting untuk tidak langsung menyalakan AC setelah mobil dihidupkan. Disarankan untuk menyalakan AC setelah RPM mobil stabil atau berada pada kecepatan langsam. Tindakan ini dapat membantu merawat AC agar lebih tahan lama. Menyalakan AC dari tingkat terendah dan secara bertahap mencapai suhu yang diinginkan juga dapat mendukung usia panjang AC.

 

5. Parkir di Tempat yang Teduh

Penting untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh, terutama saat cuaca sedang panas. Paparan sinar matahari langsung dan kabin mobil yang tertutup dapat meningkatkan suhu di dalam mobil secara signifikan, membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin. Memarkirkan mobil di tempat yang teduh dapat membantu menjaga suhu kabin tetap sejuk.

BACA JUGA:Google akan Menghapus Jutaan Akun Gmail pada 1 Desember, Berikut Cara Menjaga agar Akun Anda Tetap Aman

 

6. Tidak Merokok di Dalam Mobil

Merokok di dalam mobil dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin. Asap rokok dapat tersedot ke dalam evaporator, membuatnya menjadi berlendir dan kotor. Hal ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak merokok di dalam mobil, terutama ketika AC sedang aktif.

 

7. Periksa Sistem AC Secara Mendalam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber