Jaga Ekosistem Sungai, Pemkab Muara Enim Pungut dan bersihkan Sampah di Sungai Enim

Jaga Ekosistem Sungai, Pemkab Muara Enim Pungut dan bersihkan Sampah di Sungai Enim

Sejumlah petugas membersihkan Sungai Enim dari sampah guna menjaga ekosistem sungai dan menghindari pencemaran lingkungan, Jum’at (3/11/2023).-Yansyah-PALTV

"Saat susur sungai ini kita menemukan banyaknya sampah berupa plastik dan kain. Dua jenis benda ini cukup sulut diurai, jadi sangat menggangu ekosistem yang ada di Sungai Enim," jelas Ahmad Rizali.

BACA JUGA:STIK Siti Khadijah Palembang Meluluskan 238 Sarjana dan Diploma, Siap Terapkan Ilmu Kesehatan dalam Masyarakat

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menghimbau kepada masyarakat agar jangan lagi membuang sampah di sungai karena akan merusak dan mencemari alam.

“Apalagi Sungai Enim merupakan pusat kebutuhan air bersih yang dikelola oleh PDAM, jadi kita sama-sama menjaga kebersihan sungai,” ajak Ahmad Rizali.

Disinggung adanya limbah yang dibuang oleh sejumlah perusahaan ke Sungai Enim, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menekankan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di kawasan Bumi Serasan Sekundang, untuk mengelola limbah mereka secara benar.

“Perusahaan harus mematuhi aturan amdal yang sudah ditetapkan. Mereka harus mengelola limbah dari hasil produksi agar tidak mencemari lingkungan dan Sungai Enim," tekannya.

BACA JUGA:Berita Terkini: Anwar Usman Diberhentikan Sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi

Jika memang ada perusahaan yang tidak mematuhi dan tetap membuang limbah berbahaya, Pemkab Muara Enim akan menindak tegas perusahaan tersebut sesuai aturan.

Dalam hal ini, Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim harus berperan aktif dalam mengawasi operasional perusahaan dalam mengola limbah dan amdal mereka.

Jika limbah berbahaya tetap mereka buang ke sungai, maka akan merusak ekosistem sungai bahkan masyarakat yang menggunakan air sungai ikut dirugikan.

Kelestarian lingkungan di kawasan Kabupaten Muara Enim merupakan tugas bersama, bukan hanya pemerintah namun seluruh lapisan masyarakat ikut menjaga.

BACA JUGA:RMK Energy (RMKE) dan Hotman Paris Dinilai Gagal Paham dalam Kerja Jurnalis Mengungkap Fakta

Terutama bagi perusahaan yang memiliki limbah berbahaya wajib membuang limbahnya secara benar dan mengelola amdal mereka secara baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv