Pemerintah Berhasil Evakuasi 4 WNI dari Gaza

Pemerintah Berhasil Evakuasi 4 WNI dari Gaza

Menlu Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers mengenai evakuasi WNI dari Gaza, Jumat (03/11/2023). --Foto: Tangkapan Layar @setkab.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia, Retno LP Marsudi, mengumumkan bahwa pemerintah berhasil mengevakuasi empat warga negara Indonesia (WNI) dari Gaza ke Kairo, Mesir.

Keempat WNI tersebut adalah Abdillah Onim beserta tiga anaknya, serta istri yang merupakan warga negara Palestina.

Menlu Retno memberikan keterangan pers mengenai keberhasilan evakuasi tersebut pada Jumat, 3 November 2023.

Menurutnya, evakuasi tersebut dilakukan pada tanggal 2 November, sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau pukul 00.00 3 November WIB. Keempat WNI dan istri WNI telah tiba dengan selamat di Rafah, Mesir.

BACA JUGA:UEA dan Langkah Penuh Kemanusiaan, Perawatan Medis untuk 1000 Anak Palestina dari Gaza

Proses evakuasi tersebut tidaklah mudah, mengingat situasi yang sangat tidak kondusif di Gaza. Sebelumnya, pada tanggal 1 November, WNI telah mencoba menuju Rafah, namun terpaksa harus kembali karena terjadi serangan-serangan di sepanjang jalan.

Menlu Retno menjelaskan bahwa keselamatan para WNI menjadi prioritas utama dalam upaya evakuasi ini.

"Untuk ketiga kalinya, di tanggal 2 November siang hari, evakuasi dicoba kembali, dan alhamdulillah berhasil. Empat WNI dan 1 istri WNI sudah berhasil dievakuasi," ujar Menlu Retno.

Selain situasi keamanan yang memprihatinkan, jaringan komunikasi yang tidak stabil juga menambah kesulitan dalam koordinasi proses evakuasi. Meski begitu, pemerintah terus berupaya sehingga berhasil menyelamatkan WNI dan istri WNI dari Gaza ke Kairo.

BACA JUGA: Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Menlu Retno juga menyatakan bahwa pemerintah terus berkomunikasi dengan WNI yang telah dievakuasi untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan mereka.

Salah satu WNI yang berhasil dievakuasi, Abdillah Onim, mengirim pesan suara ucapan terima kasih kepada Menlu atas upaya penyelamatan tersebut.

Setelah keberhasilan ini, pemerintah masih berupaya untuk mengevakuasi satu keluarga WNI lainnya yang terdiri dari tiga WNI dan istri WNI yang merupakan warga negara Palestina.

Menlu Retno menegaskan bahwa pemerintah akan terus berusaha menciptakan koridor aman untuk mengevakuasi para WNI tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber: setkab.go.id