7 Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh yang Terbukti Ampuh

7 Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh yang Terbukti Ampuh

Daun bidara.-Ksenia-Guzeeva-Pixabay.com/Ksenia-Guzeeva

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Daun bidara atau Zizyphus Mauritania merupakan semak pohon yang memiliki ukuran kecil. Tanaman ini kebanyakan digunakan sebagai pembuatan obat karena terdapat manfaat pada bagian buahnya.

Selain itu, daun bidara memiliki kandungan bahan kimia yang mampu menurunkan lemak dan kadar gula dalam darah. Daun bidara juga mengandung banyak antioksidan. Kandungan tersebut dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya.

Manfaat daun bidara juga belum banyak orang yang mengetahui. Berikut ini beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan yang bisa dicoba di rumah.

1. Membersihkan pembuluh darah 

BACA JUGA:Kenali 9 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

BACA JUGA:Badan Atletik Dunia Resmi Larang Perempuan Transgender Ikut Kompetisi Olahraga Atletik untuk Perempuan

Manfaat daun bidara yang pertama yaitu mampu membersihkan pembuluh darah. Manfaat daun bidara tersebut bisa didapatkan karena adanya kandungan alkaloid dan saponin di dalamnya.

Kedua jenis kandungan ini merupakan antioksidan dalam daun bidara yang dipercaya dapat  membersihkan zat racun yang ada dalam pembuluh darah. Dengan begitu, jika Anda mengonsumsi daun bidara secara rutin dapat menghindari flek dan berbagai jenis pembuluh darah lainnya.

2. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat mengonsumsi daun bidara adalah dapat membantu dalam masalah berat badan. Hal ini karena daun bidara banyak mengandung protein dan serat yang baik dikonsumsi saat diet. Selain itu, daun bidara juga termasuk dalam makanan rendah kalori dan dipercaya dapat membuat perut Anda menjadi lebih kenyang.

BACA JUGA:Harry Kane Berhasil Pecahkan Rekor Top Skor Sepanjang Masa Timnas Inggris Melewati Wayne Rooney

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Jenis Kucing Garfield

3. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat daun bidara berikutnya adalah dapat menurunkan tekanan dalam darah. Selain menurunkan berat badan, terdapat manfaat lain dalam daun bidara. Salah satunya yang dipercaya ialah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin B Kompleks pada daun bidara menjadi salah satu faktor yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah ke batas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber