Tamat SMA Mau Kuliah? Jangan Sampai Salah Jurusan! Berikut Ini Tips dan Trik Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Sa

Tamat SMA Mau Kuliah? Jangan Sampai Salah Jurusan! Berikut Ini Tips dan Trik Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Sa

Tamat SMA Mau Kuliah? Jangan Sampai Salah Jurusan! Berikut Ini Tips dan Trik Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Sa--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - "Jurusan apa yang harus saya pelajari?" Pertanyaan seperti ini mungkin sering muncul di kepala kita, Gen Z yang akan masuk kuliah. Memilih jurusan kuliah memang bisa membingungkan. Mula dari desakan dari orang tua yang mengharuskan kita mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kita, hingga ajakan teman akrab untuk memilih jurusan yang sama dengannya. 

Mengutip dari akupintar.id, Hal ini tentunya menjadi pengaruh besar untuk ketepatan kita dalam memilih jursan kuliah saat sudah selesai Sekolah Menengah Atas. Tentu kalian harus punya pendirian sendiri, karena tidak sedikit orang yang meneyesal berkuliah karena salah masuk jurusan. Tidak sedikit yang mengeluh perihal juran yang dia pilih tidak tepat dengan ekspektasi yang dia bayangkan semasa SMA

Nah kebetulan disini ada beberapa tips dan trik untuk kalian para penerus pendidikan yang akan memasuki jenjang perkuliahan, berikut ini tips dan trik selengkapnya!. 

1. Pahami minat dan bakat

Dengan begitu banyaknya daftar jurusan kuliah yang bisa dipilih, baik dari orang tua kita maupun dari diri kita sendiri, kita perlu alasan yang kuat untuk memilih. Memilih jurusan kuliah tentu berbeda dengan cara kita memilih menu makanan atau tema ponsel misalnya.

Saat bosan dengan tema ponsel A, Anda bisa menggantinya dengan tema B. Tapi bagaimana dengan jurusan kuliah? Ketika kita merasa salah memilih jurusan di SMP, mudahkah kita berpindah jurusan? Kami tidak akan, tentu saja. Anda sudah tahu jawabannya.

Jadi kita perlu tahu apa minat dan bakat kita. Pengetahuan ini dapat membantu kita menentukan jurusan kuliah. Mengenal diri sendiri inilah yang dapat membantu kita bertahan dari berbagai tantangan belajar ilmu dan keterampilan baru di bangku kuliah nanti. 

2. Teliti jurusan yang kamu pilih

Cara menentukan jurusan ini bisa membantu kamu yang memang tidak tahu jurusan apa yang ingin kamu ambil. Nah, lakukan riset sendiri Sobat Cerdas. Jelajahi sebanyak mungkin jurusan kuliah. Pelajari masing-masing bidang ilmu, wawasan alumni, dan hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui.

Pelajari dan bandingkan - bandingkan dan bandingkan daftar jurusan kuliah yang Anda miliki. Cari tahu semua faktanya. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda memilih jurusan kuliah Anda. Cara ini juga bisa diterapkan ketika kita memiliki daftar perguruan tinggi yang bisa kita pilih, baik yang kita pilih sendiri maupun yang “direkomendasikan” oleh orang tua kita. Mungkin butuh waktu, tapi itu pasti sepadan.

3. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman/profesional di dunia kerja

Misalkan anda tidak mau mengerjakan semua pekerjaan rumah anda. Ini baik. Masih ada cara untuk menentukan jurusan kuliah lainnya sob.

Diskusikan berbagai pilihan jurusan perguruan tinggi saat ini dengan para ahli, seperti psikolog sekolah. Atau, berdiskusi dengan orang tersayang bisa mengurai benang kusut di kepalamu, sobat. Orang-orang dengan pengalaman dan kemampuan dapat memberi kita wawasan dan pengetahuan baru.

Jika Anda dapat menggabungkan dua cara memilih universitas ini, itu lebih baik. Gunakan hasil penelitian sebagai bahan diskusi. Bukankah hasilnya akan lebih baik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: akupintar.id