3 Cara Mengusir Tikus di Rumah Anda Menurut Pandangan Islam

3 Cara Mengusir Tikus di Rumah Anda Menurut Pandangan Islam

3 Cara Mengusir Tikus di Rumah Anda Menurut Pandangan Islam --freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam pandangan Islam, tikus dianggap sebagai salah satu hewan fawasiq, yang berarti mereka dapat menyebabkan masalah dan bahaya.

Terdapat banyak cara mengatasi masalah tikus dalam Islam yang dapat Anda terapkan di rumah.

Salah satu metode yang umum digunakan dan banyak orang islam lakukan adalah memasang perangkap tikus untuk mencegah hewan pengerat ini memasuki rumah Anda.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk menghindari kehadiran tikus dalam rumah mereka.

BACA JUGA:5 Tanda Derajat Manusia Dinaikkan oleh Allah SWT

Dalam Al-Lu’lu’ wal Marjan #2 karya Muhammad Fuad Abdul Baqi, terdapat dua hadits yang menggarisbawahi pentingnya menghindari tikus:

1. Dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Ada lima binatang yang seluruhnya fasiq, boleh dibunuh dalam keadaan ihram, yaitu burung gagak, burung elang, kalajengking, tikus, dan anjing buas."

2. Dari Hafshah, Nabi Muhammad SAW juga bersabda: "Ada lima macam binatang yang tidak berdosa atas pembunuhannya di Tanah Haram dan dalam keadaan ihram, yaitu burung gagak, burung elang, tikus, kalajengking, dan anjing buas."

Meskipun seorang Muslim diperbolehkan untuk membunuh tikus, baik dalam keadaan ihram maupun tidak, hal ini harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan kebijaksanaan.

BACA JUGA:Waspada ! Penyakit Ain Dapat Menimpa Diri Kita Maupun Orang Disekitar Kita

Ada beberapa aturan etika yang harus diikuti saat Anda menghadapi tikus dalam rumah Anda. Diantaranya adalah:

1. Menghindari Cara yang Kejam: Anda tidak diperbolehkan membunuh tikus dengan cara yang kejam atau menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan.

Misalnya, membakar atau memberikan racun, kecuali jika racun tersebut dapat membunuh tikus secara cepat dan minim penyiksaan.

Lantas, bagaimana sebaiknya Anda mengatasi masalah tikus menurut Islam? Berikut ini adalah tiga cara yang dapat Anda terapkan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber