Wah! Ini Rupanya Daya Tarik Istana Maimun

Wah! Ini Rupanya Daya Tarik Istana Maimun

Istana Maimun di Kota Medan, Sumatera Utara.--instagram.com/@ellentanuwidjaya

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernah mendengar tentang Istana Maimun? Yah, itu adalah salah satu ikon dari kota Medan. Istana Maimun merupakan destinasi wisata bertajuk budaya yang ada di kota Medan. Melansir laman resmi Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Istana Maimun dibangun sejak 1888 dan selesai sejak 1891.

Diketahui, bangunan yang memiliki 2.772 meter persegi ini dirancang oleh arsitek Kerajaan Hindia Belanda, yakni TH Van Erp. Arsitek ini merupakan Tentara Kerajaan Hindia Belanda, maka tidak heran bangunan Istana Maimun ini memiliki perpaduan antara Indonesia, Persia dan Eropa.

Istana Maimun berada di pusat kota Medan, letaknya yang strategis membuat tempat ini banyak didatangi pengunjung baik dari dalam maupun dari luar kota Medan. Istana Maimun ini juga merupakan sebuah museum, karena memiliki banyak sejarah di dalamnya dan merupakan wisata edukasi. Tempatnya yang cukup unik yang dibalut dengan cerita-cerita daerah di kota Medan menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Bukan hanya itu saja, banyak hal lain yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung Istana Maimun. Nah, apa saja yang menjadi daya tarik Istana Maimun ini hingga membuat banjir pengunjung? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Inspirasi Menu Takjil, Es Pisang Ijo

BACA JUGA:Jalani Hari Pertama Puasa dengan Tips Ini

1. Meriam Puntung

Nah, yang pertama ada benda bersejarah yang bernama Meriam Puntung di Istana Maimun. Benda peninggalan ini masih menjadi misteri terkait asal mulanya. Masyarakat setempat percaya bahwa benda ini memiliki kesaktian dan dipakai sebagai senjata perang.

Cerita rakyat tentang Puteri Hijau diduga memiliki keterkaitan dengan Meriam Puntung ini. Konon katanya benda ini merupakan jelmaan dari Puteri Hijau dari Kerajaan Haru 1594 M. Bahkan ada cerita horor yang mengatakan di Istana Maimun ini terdengar suara letusan meriam setiap malam.

2. Arsitekturnya yang khas

BACA JUGA:Garis Keturunan Indonesia di Negara Lain

BACA JUGA:Kue Rumahan saat Ramadan, Tutorial Membuat Kue

Ketika kamu berkunjung ke Istana Maimun, kamu akan melihat arsitektur yang mewah. Bangunan yang dirancang oleh arsitek asal Hindia Belanda TH Van Erp ini sangat unik, karena memiliki perpaduan beberapa budaya seperti Melayu, India, Persia, Spanyol, dan Eropa. Dinding pada bangunan ini dominan berwarna kuning, yang mana maknanya sebagai kebesaran Melayu.

Kemegahan budaya Melayunya juga dapat dilihat pada singgasana Sultan Melayu terdahulu. Kemudian terdapat tiga kubah yang melambangkan Persia. Lalu pada pilar-pilar bangunannya terlihat menyerupai masjid. Desain India dapat dilihat ketika memasuki gerbang dan desain Eropanya ada pada ukiran singa yang ada pada beberapa perabotan.

Sumber: berbagai sumber