Jalani Hari Pertama Puasa dengan Tips Ini

Jalani Hari Pertama Puasa dengan Tips Ini

Jalani Hari Pertama Puasa dengan Tips Ini--janethes.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari ini, tepatnya pada hari Kamis, 23 Maret 2023 umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa karena sudah memasuki bulan suci Ramadhan.

Bulan Ramadhan alangkah baiknya disambut dan dijalani dengan hati yang gembira, senang, bersuka cita karena bulan Ramadhan ini hanya datang satu kali dalam satu tahun dan sayangnya belum tentu pula kita sebagai umat manusia akan bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan. Oleh sebab itu pula, bulan suci Ramadhan harus dimanfaatkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

Bagi sebagian orang, menjalani hari pertama puasa memang berat, kita yang terbiasa makan dan minum pada siang hari, pada bulan suci Ramadhan ini kita dilarang untuk makan dan minum siang hari sehingga sering muncul tanda-tanda seperti lemas, lesu, tidak bersemangat, dan tidak bertenaga.

Jangan khawatir, ini dia tips yang dapat kalian lakukan pada hari pertama puasa.

BACA JUGA:Inspirasi Menu Takjil, Es Pisang Ijo

BACA JUGA:Kue Rumahan saat Ramadan, Tutorial Membuat Kue

1. Istirahatlah yang cukup

Seperti yang kita ketahui, untuk memulai ibadah puasa, kita diwajibkan untuk menjalani sahur sebelum waktu imsak pada sebelum subuh datang. Hal ini tentu saja dapat membuat kita menjadi kurangnya waktu tidur dan akan mengantuk di siang hari sehingga aktivitas pada siang hari menjadi kurang maksimal.

Oleh sebab itu stop begadang untuk kalian yang suka begadang. Istirahatlah yang cukup. Selepas tarawih kalian dapat bersiap untuk tidur dan usahakan tidur dibawah jam 10 malam agar kalian dapat memenuhi jam tidur kalian.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Kalau sedang tidak puasa, kita dapat dengan bebas, kapan saja dan dimana saja mengonsumsi air putih. Namun, berbeda dengan bulan puasa karena pada siang hari kita tidak dapat lagi mengonsumsi air putih. Oleh sebab itu, saat sahur dan berbuka, perbanyak konsumsi air putih kalian agar tubuh tetap terhidrasi.

Kalian dapat mengikuti pola 2-4-2 dimana kalian meminum air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas pada saat malam hari, dan 2 gelas pada saat sahur. Dengan demikian, maka kalian akan tetap emngonsumsi 8 gelas air per harinya.

3. Memperhatikan menu sahur

Saat berpuasa, tubuh memerlukan asupan energi yang lebih agar kuat dan tahan puasa seharian. Oleh sebab itulah hendaknya kalian konsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta usahakan konsumsi makanan yang tinggi serat agar kalian tidak mudah kelaparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: