Gudeg: Hidangan Khas yang Bermula dari Yogyakarta, Tetapi juga Populer di Jawa Tengah

Gudeg: Hidangan Khas yang Bermula dari Yogyakarta, Tetapi juga Populer  di Jawa Tengah

Gudeg: Hidangan Khas yang Bermula dari Yogyakarta, Tetapi juga Populer di Jawa Tengah--instagram.com/@ diahworo80

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Saya yakin Anda sudah mengetahui bahwa Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Gudeg, bukan? Gudeg adalah salah satu hidangan khas dari Yogyakarta, yang sangat populer dan digemari banyak orang. Gudeg dibuat dengan cara memasak nangka muda bersama dengan santan.

Gudeg Yogyakarta terkenal dengan rasa manisnya yang berasal dari nangka muda yang dimasak dengan santan dengan cara dimasak dalam waktu yang lama agar bumbu meresap dan nangkanya lembut.

Hidangan khas Jogja ini akan menjadi lebih nikmat ketika disantap bersama nasi hangat, kuah santan kental, ayam kampung, tempe, tahu, dan telur.

Profesor Murdijati Gardjito, seorang ahli di Pusat Studi Makanan Tradisional (PKMT), Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan penulis buku "Gudeg Yogyakarta," menjelaskan bahwa Gudeg pertama kali dibuat oleh prajurit kerajaan yang menemukan kelimpahan buah nangka muda, melinjo, dan kelapa.

BACA JUGA:Dimsum Mbak Mecca: Camilan Lezat Berbobot yang Memikat Lidah di Palembang

Gudeg, sebagai salah satu hidangan khas Jogja, memiliki sejarah panjang.Gudeg telah menjadi terkenal sejak masa penjajahan Belanda.

Namun, jika kita telusuri lebih jauh dalam sejarah, asal-usul Gudeg dapat ditelusuri hingga abad ke-19, pada saat "Serat Centhini" ditulis, dan bahkan hingga abad ke-14 pada masa awal Kerajaan Mataram.

Gudeg sebenarnya bukan berasal dari kerajaan, melainkan dari masyarakat biasa. Pada abad ke-19, masih sedikit sekali pedagang Gudeg.

Gudeg mulai populer dan banyak diperdagangkan pada tahun 1940-an ketika Presiden Sukarno mendirikan Universitas Gadjah Mada (UGM). Gudeg terbuat dari buah nangka muda yang masih mentah (dikenal sebagai "Gori" dalam bahasa Jawa).

BACA JUGA:Memanjakan Lidah di Jawa Timur: 9 Hidangan Khas yang Wajib Kamu Nikmati

Ciri khas Gudeg adalah bahwa hidangan Khas ini terbuat dari buah nangka yang masih muda.

Berbeda dengan buah nangka matang yang lembut, berwarna kuning cerah, berminyak, dan sangat manis, nangka muda memiliki konsistensi padat, agak kering, bergetah, berwarna pucat atau krem muda, dan tidak bisa dimakan mentah.

Manfaat makan Gudeg untuk Kesehatan ; buah nangka muda, bahan utama Gudeg, kaya serat yang dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus besar.

Selain itu, Gudeg mengandung tingkat vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A untuk kesehatan mata, dan berbagai manfaat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber