Tips Mengobati Insomnia atau Susah Tidur pada Malam Hari, Lakukan Cara Ini Agar Ampuh

Tips Mengobati Insomnia atau Susah Tidur pada Malam Hari, Lakukan Cara Ini Agar Ampuh

Tips Mengobati Insomnia atau Susah Tidur pada Malam Hari, Lakukan Cara Ini Agar Ampuh --pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Insomnia, atau sulit tidur di malam hari, bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting dan harus dipenuhi. Inilah mengapa gangguan tidur ini bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.Lalu bagaimana cara mengatasi Insomnia

Mengutip dari halodoc.com, Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut pembahasan lengkapnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Insomnia, Insomnia Bisa Menyebabkan 7 Penyakit Ini Cara Mudah Mengatasi Insomnia Pemicu insomnia bisa bermacam-macam mulai dari pengaruh gaya hidup, masalah kenyamanan, pencegahan, gangguan psikis, gangguan kesehatan fisik hingga efek samping obat. Penting untuk mengetahui apa penyebab insomnia agar gangguan tidur ini dapat dengan mudah diobati. Berikut pengobatan sederhana untuk insomnia:

1. Rileks Sebagai langkah relaksasi, Anda bisa melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine menemukan bahwa yoga berdampak positif pada kualitas tidur.

BACA JUGA: Suka Junk Food? Yuk Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Sering Mager Jalan Kaki? Yuk, Kenali Manfaat Jalan Kaki

Yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental. Selain yoga dan pilates, Anda juga bisa bersantai dengan berbagai cara lainnya. Anda dapat mencoba melakukannya dengan berbagai cara, seperti mandi air panas, mendengarkan musik, menonton drama, atau melakukan aktivitas lain yang Anda sukai.

2. Menentukan jadwal tidur Menentukan jadwal tidur membuat tubuh lebih mudah beristirahat sehingga mencegah insomnia. Waktu tidur yang tidak teratur atau berubah-ubah juga menjadi penyebab insomnia karena mengganggu ritme sirkadian yang mengatur metabolisme tubuh. Ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun Anda di pagi hari.

3. Ciptakan suasana nyaman di kamar Insomnia bisa disebabkan oleh suasana kamar yang tidak nyaman. Jika insomnia berlanjut, coba ubah pengaturan ruangan atau ubah pencahayaan menjadi redup. Anda juga dapat mencoba menyesuaikan suhu ruangan untuk menghangatkandiri. Lihat selengkapnya: Insomnia bukan disebabkan oleh stres, tetapi karena kebiasaan tidur?

4. Makan sehat Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Padahal, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur bisa memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, alkohol memang bisa membuat orang mengantuk, tapi tidak bisa membuat mengantuk. 

5. Olah Raga Cara mudah mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan aktivitas fisik secara teratur, yaitu berolahraga. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Randomized Controlled Trials menemukan bahwa berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan mengurangi gejala insomnia, serta depresi dan kecemasan. 

6. Hindari alkohol dan tembakau sebelum tidur Kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan gangguan tidur pada sebagian orang. Selain merokok, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein. Jumlah kacamata yang akan membuat Anda terjaga di malam hari, jumlah kacamata yang akan membuat Anda terjaga di malam hari. Alih-alih mengonsumsi alkohol dan kafein, Anda bisa menggantinya dengan susu panas. 

7.Pijat Terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia karena dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Itu juga dapat meredakan nyeri tubuh, kecemasan, dan depresi. Lihat juga: Ini adalah fakta tentang gangguan tidur yang perlu Anda ketahui (Bagian 1) Berikut beberapa pengobatan insomnia yang bisa Anda coba.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber