Resmi! Format Baru Piala Dunia 2026 Disetujui FIFA

Resmi! Format Baru Piala Dunia 2026 Disetujui FIFA

FIFA telah resmi menentukan format baru untuk Piala Dunia 2026 mendatang.--instagram.com/@fifa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Organisasi Sepak Bola Dunia, FIFA, telah resmi menentukan format baru untuk Piala Dunia 2026 mendatang. Diketahui informasi yang didapat gelaran Sepak Bola dunia 2026 nanti akan menyajikan 104 kali pertandingan.

Dilansir dari Reuters, dewan FIFA telah menyetujui usul perubahan yang diajukan untuk ajang bergengsi dunia empat tahun sekali tersebut pada 2026 mendatang. Dalam format terbaru, akan ada 104 pertandingan yang digelar, perubahan dari edisi sebelumnya yang hanya menggelar 64 pertandingan saja di ajang bergengsi dunia tersebut.

Perubahan pada jumlah pertandingan tersebut dikarenakan ditambahnya kuota peserta pada gelaran Piala Dunia 2026 mendatang. Hal ini merupakan keputusan FIFA yang menambah kuota dari yang sebelumnya 36 tim menjadi 48 tim. Jumlah pertandingan yang baru itu akan menjadi rekor baru dalam sejarah Piala Dunia. Pasalnya, jumlah pertandingan Piala Dunia buatan FIFA selama ini tidak pernah lebih dari 64 laga.

Piala Dunia yang akan digelar pada 2026 mendatang akan diselenggarakan di tiga negara sekaligus, yakni di Kanada, Amerika Serikat, dan juga Meksiko. Kemudian, penambahan kuota ini dikabarkan sebanyak 12 peserta tambahan. Sehingga dalam format baru tersebut, FIFA akan membagi 48 tim tersebut ke dalam 12 grup, dari yang awalnya 36 tim ke dalam 9 grup.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Stok dan Harga Sembako di Sumatera Selatan Masih Stabil

BACA JUGA:Haul Ke-11 KH M Zen Syukri, Pesan Abah Zen ‘Melestarike Gawe yang Baek Hendaklah Berjamaah’

Nantinya, bukan hanya juara dan runner up grup saja yang akan lolos ke babak selanjutnya, namun, akan ditambah dengan 8 tim peringkat tiga terbaik dari 12 grup yang kemudian lolos ke babak 32 besar. Sehingga, total jumlah pertandingan yang akan dilakukan oleh setiap tim sebanyak delapan kali dari fase grup hingga laga final.

Namun, perubahan ini tak semulus yang dikira, sebab, ada banyak kontorversi yang terjadi dengan alasan hal tersebut dianggap tidak mensejahterakan pemain. Adanya penolakan ini setelah sebelumnya ada wacana bahwa Piala Dunia 2026 yang berjumlah 48 tim tersebut, nantinya akan menyajikan 80 pertandingan saja.

Kemudian FIFA melalui dewan-dewannya langsung angkat bicara dan menyepakati 104 laga yang akan dipertandingkan pada ajang bergengsi dunia empat tahun sekali itu. FIFA mengungkapkan alasannya menambah jumlah pertandingan ini tidak lepas dari keinginan agar setiap peserta mendapat jumlah laga yang sama.

“Format yang direvisi memastikan bahwa semua tim memainkan minimal tiga pertandingan,” pernyataan FIFA dilansir dari Reuters.* (Euriko Yoseph Pangaribuan, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber