2 Hari Diguyur Hujan, Kasus ISPA di Banyuasin Turun 50 Persen

2 Hari Diguyur Hujan, Kasus ISPA di Banyuasin Turun 50 Persen

Banyuasin sudah 2 kali diguyur hujan .--Foto : Yadi -PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Setelah dua hari berturut-turut diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, data dari  untuk minggu pertama bulan Oktober.

Menurut Kadinkes Banyuasin, DR dr. Rini Pratiwi, melalui Kabid P2P Hj Eni Diana Amkeb SKM pada Kamis (12/10/2023), penurunan ini mencapai 50 persen dibandingkan dengan bulan September.

Pada tanggal 8 Oktober, tercatat penurunan sebanyak 314 kasus ISPA, diikuti oleh 451 kasus pada tanggal 9 Oktober, dan 205 kasus pada tanggal 11 Oktober.

Hal ini menunjukkan bahwa dampak hujan yang turun selama dua hari telah berkontribusi signifikan dalam menekan penyebaran ISPA di daerah ini.

BACA JUGA:Karhutlah Periode Januari hingga September Bertambah hingga 800 Persen di Sumsel


Banyuasin sudah 2 kali diguyur hujan .--Foto : Yadi -PALTV

Sebelum hujan turun, data ISPU (Indeks Standar Pencemar Udara) selama dua hari menunjukkan tingkat pencemaran yang sangat tidak sehat pada tanggal 7 dan 8 Oktober.

Namun, setelah hujan, pada tanggal 9 Oktober, ISPU kembali menjadi tidak sehat. Pada tanggal 10 Oktober, ISPU tercatat sebagai sedang. Kondisi ini diperkirakan akan terus membaik seiring dampak hujan yang berlanjut.

Kenaikan kasus ISPA sebelumnya di Banyuasin, sebagian besar disebabkan oleh asap akibat kebakaran hutan.

Namun, dua hari hujan berturut-turut telah memberikan dampak positif dengan penurunan jumlah penderita ISPA dan perbaikan kualitas udara.

BACA JUGA:Intensitas Karhutlah Diklaim Menurun,Sejumlah Perusahaan Dikoordinir Proaktif Tanggulangi Karhutla OKI


Sebelum hujan turun, data ISPU (Indeks Standar Pencemar Udara) selama dua hari menunjukkan tingkat pencemaran yang sangat tidak sehat pada tanggal 7 dan 8 Oktober. Namun, setelah hujan, pada tanggal 9 Oktober, ISPU kembali menjadi tidak sehat. Pada tangga--Foto : YADI -PALTV

Dinas Kesehatan Banyuasin terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk di puskesmas-puskesmas, untuk menjaga kesehatan diri.

Masyarakat diimbau untuk tetap banyak minum air putih dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id