Keindahan Sungai Musi Palembang!. Banyak Mitos Yang beredar, Padahal Ini Lho Faktanya.

Jumat 21-07-2023,11:36 WIB
Reporter : Dodi
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sungai Musi telah menjadi salah satu ikon penting dan kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Terutama bagi kota Palembang yang merupakan ibu kota provinsi tersebut. Namun, di balik keindahannya yang memikat dan peran pentingnya dalam kehidupan masyarakat, sungai ini juga dipenuhi dengan berbagai mitos dan fakta menarik yang perlu diungkap.

1. Mitos seputar asal usul nama Sungai Musi

Salah satu mitos yang sering didengar mengenai Sungai Musi adalah asal usul nama sungai ini. Banyak penduduk setempat meyakini bahwa nama "Musi" berasal dari cerita rakyat yang mengisahkan tentang seorang putri cantik bernama Musi. Ceritanya, Musi merupakan seorang putri dari kerajaan yang sangat malang karena ditolak oleh kekasihnya yang merupakan seorang pangeran dari kerajaan tetangga.

Tak mampu menahan kesedihan, Musi pun memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat ke sungai yang kemudian dinamakan sesuai namanya sebagai penghormatan. Meskipun cerita ini mengandung unsur-unsur romantis dan dramatis, namun asal usul nama sungai ini memiliki fakta yang lebih mendalam.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 18 Buku Psychology of Money : Ketika Anda Akan Percaya Apa Saja

BACA JUGA:Ini Hewan Yang Dilindungi di Seluruh Dunia! Beberapa Ada di Indonesia

Fakta mengenai asal usul nama Sungai Musi

Secara historis, asal usul nama "Musi" berasal dari bahasa Sanskerta "Maha-Sona," yang artinya sungai emas. Nama ini kemungkinan besar diberikan oleh pedagang India kuno yang berlayar ke daerah ini untuk berdagang pada masa lalu.

Nama "Maha-Sona" kemudian mengalami perubahan seiring berjalannya waktu hingga berubah menjadi "Musi."

2. Mitos tentang Sumber Air Sungai Musi

BACA JUGA:5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Tanpa Disadari dan Bisa Menghancurkan Hidup

BACA JUGA:Kisah Inspirasi Abdullah bin Abbas Sang Cendikiawan Umat

Mitos lain yang banyak beredar di kalangan masyarakat adalah tentang sumber air Sungai Musi yang diyakini berasal dari Gunung Dempo yang tinggi di sekitar kota Palembang. Konon, gunung ini adalah sumber air bagi sungai yang mengalir melintasi kota dan berakhir di laut.

Fakta tentang Sumber Air Sungai Musi

Secara geografis, sungai Musi bermuara di Teluk Bangka, yang merupakan bagian dari Laut Jawa. Sumber air sungai ini tidak berasal dari Gunung Dempo atau gunung mana pun di dekat Palembang, melainkan dari aliran berbagai anak sungai yang berasal dari dataran tinggi Bukit Barisan di bagian tengah Sumatera.

Kategori :