Nissan Tancap Gas di Segmen SUV! Strategi Baru Ini Siap Guncang Pasar Domestik

Senin 22-12-2025,16:23 WIB
Reporter : Johanes
Editor : Abidin Riwanto

Rencana perluasan lineup ini juga mencakup pengembangan SUV listrik yang terjangkau (EV SUV) yang ditargetkan akan diluncurkan sebelum tahun 2026. 


langkah agresif Nissan kembangkan SUV--Foto: youtube@NissanIndonesiaChannel

SUV listrik ini diharapkan mampu memberikan pilihan baru bagi konsumen yang mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan tanpa harus mengorbankan kemampuan dan karakter SUV yang kuat serta dinamis. 

 

Selain itu, Nissan juga menargetkan pertumbuhan penjualan signifikan dalam beberapa tahun ke depan dengan strategi produk yang beragam, termasuk memperkenalkan kendaraan B-segment SUV, C-SUV, hingga SUV elektrik. 

Target jangka menengah Nissan adalah meningkatkan volume penjualan domestik secara signifikan, sekaligus memperluas jaringan distribusi dan layanan purna jual agar lebih dekat dengan konsumen. 

Permintaan Konsumen dan Tren Pasar

Permintaan SUV di pasar domestik terus meningkat karena SUV menawarkan kombinasi kepraktisan, kenyamanan ruang kabin, dan citra berkendara yang lebih tinggi dibanding mobil sekelas hatchback atau sedan. 

Konsumen di Indonesia misalnya, semakin banyak mencari SUV yang cocok untuk kebutuhan keluarga sehari-hari sekaligus petualangan akhir pekan. 

SUV juga dinilai lebih unggul dalam hal visibilitas berkendara, ruang bagasi, serta kesan premium yang kuat. Hal ini menjadikan SUV sebagai salah satu segmen kendaraan paling menarik di pasar otomotif Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Di sisi lain, tren global terhadap crossover dan SUV elektrik semakin memberikan Nissan peluang untuk memperluas lini produk mereka dengan SUV yang lebih efisien energi. 

Integrasi teknologi e-POWER dan sistem penggerak all-wheel drive pada SUV seperti X-Trail merupakan salah satu langkah Nissan untuk menjawab permintaan akan kendaraan yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa).

Tantangan di Pasar Domestik

Meski strategi Nissan tampak agresif, perusahaan tetap menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah persaingan yang sangat ketat di segmen SUV dengan merek-merek lain yang juga memiliki produk unggulan di berbagai kelas harga. 

Berbagai merek otomotif global telah menghadirkan SUV dengan fitur lengkap dan harga kompetitif, sehingga Nissan dituntut untuk terus memberikan inovasi produk serta layanan purna jual yang unggul untuk tetap relevan di pasar. 

Selain itu, pertumbuhan SUV elektrik juga masih menghadapi tantangan infrastruktur, terutama di negara berkembang di mana jaringan pengisian baterai EV belum merata. 

Kategori :