Mengenal Jalur Putar, Mudahkan Jarak Pandang Masinis Untuk Keamanan Perjalanan Kereta Api

Kamis 13-11-2025,13:01 WIB
Reporter : Firman Hidayat
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Sebagai upaya menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang terus melakukan optimalisasi fungsi jalur putar (turntable) yang menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak.

Jalur putar ini mendukung kemudahan pengoperasian lokomotif serta jarak pandang masinis dalam menjalankan tugasnya.

Manager Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan bahwa jalur putar memiliki peran dalam sistem operasi perkeretaapian, terutama dalam mengatur arah hadap lokomotif agar sesuai dengan arah perjalanan kereta. Dengan adanya jalur putar, masinis dapat menjalankan lokomotif dengan posisi kabin yang menghadap ke depan, sehingga jarak pandang menjadi lebih luas dan aman.

“Jalur putar menjadi tumpuan penting dalam memastikan lokomotif dapat bergerak dengan arah yang sesuai. Dengan posisi kabin yang tepat, masinis memiliki jarak pandang optimal untuk mengawasi lintasan di depan, yang berdampak langsung pada peningkatan keselamatan perjalanan kereta,” ujar Aida.

BACA JUGA:Kemenkum Sumsel Terima Kunjungan BULD DPD RI, Tanggapi Permasalahan Pembentukan Peraturan Daerah di Sumsel

BACA JUGA:Walikota Palembang Buka Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Dinas Perhubungan


wilayah Divre III Palembang memiliki dua jalur putar aktif yang digunakan untuk menunjang operasional, --Foto : Humas KAI

Jalur putar merupakan bagian dari fasilitas Depo Lokomotif yang digunakan untuk membalik arah lokomotif secara mekanis. Fasilitas ini sangat diperlukan pada jenis lokomotif tertentu yang memiliki satu sisi utama untuk pandangan masinis, seperti lokomotif diesel jenis CC201 atau CC204 yang banyak digunakan di wilayah Divre III Palembang.

“Tidak semua lokomotif memiliki sistem dua kabin yang bisa berjalan dua arah dengan jarak pandang sama baiknya. Karena itu, jalur putar menjadi sarana vital agar lokomotif siap beroperasi dengan kondisi terbaik,” tambah Aida.

Saat ini, wilayah Divre III Palembang memiliki dua jalur putar aktif yang digunakan untuk menunjang operasional, yaitu jalur Putar di Depo Lokomotif Kertapati, Palembang, yang melayani lokomotif untuk lintas Kertapati - Lubuk Linggau dan lintas Kertapati - Tanjungkarang. 

Lalu jalur Putar di Pengawas Urusan Sarana Lahat, yang digunakan sebagai titik putar bagi lokomotif untuk lintas Lahat - Kertapati. Kedua jalur putar tersebut menjadi fasilitas penting dalam siklus harian perawatan dan pengoperasian lokomotif, terutama pada saat pergantian arah perjalanan dan penyusunan rangkaian kereta.

BACA JUGA:Walikota Palembang Buka Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Dinas Perhubungan

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, PLN ULP Tebing Tinggi Edukasi Keselamatan Listrik Lewat Miniatur Jaringan


Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menyampaikan bahwa kebijakan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memberikan kemudahan dan apresiasi kepada pelanggan.--Foto : Humas PLN

Aida menambahkan, penggunaan jalur putar juga memberikan efisiensi operasional karena meminimalkan waktu manuver dan risiko kesalahan posisi lokomotif. Selain itu, memastikan arah pandang masinis tetap optimal merupakan bagian dari standar keselamatan atau safety first yang diterapkan oleh KAI.

Kategori :