PALTV.CO.ID– Kehadiran Xiaomi 13T di pasar smartphone Indonesia ternyata langsung menarik perhatian, terutama dari kalangan Gen Z.
Gen Z atau generasi muda yang dikenal aktif, kreatif, dan selalu terhubung dengan dunia digital ini memilih Xiaomi 13T sebagai salah satu perangkat favorit mereka.
Perpaduan desain yang stylish, performa kencang, kamera berkualitas tinggi, hingga harga yang kompetitif menjadi faktor utama mengapa smartphone ini begitu populer di kalangan anak muda.
Untuk memahami mengapa Xiaomi 13T bisa begitu cepat diterima di kalangan Gen Z, penting juga melihat data dan tren digital yang memengaruhi preferensi mereka:
BACA JUGA:Xiaomi 13T Bawa Memori Jumbo 512GB, Tak Perlu Lagi Takut Kehabisan Ruang
Pengguna Internet & Penetrasi Gen Z
Dilansir dari idncitizen.com, berdasarkan survei APJII 2024, total pengguna internet di Indonesia awal 2024 mencapai 221,56 juta jiwa, dengan tingkat penetrasi sebesar 79,5% dari total populasi.
Dalam kelompok usia, Gen Z (lahir antara 1997-2012, usia kira-kira 12-27 tahun) menjadi kelompok yang paling banyak terkoneksi internet, menyumbang 34,40% dari total pengguna internet.
Penetrasi internet dalam Gen Z sendiri juga tinggi, yaitu sekitar 87,02%, menunjukkan hampir sebagian besar Gen Z di Indonesia memiliki akses ke internet.
Durasi & Penggunaan Smartphone
Dari laporan “Potret Digital Indonesia 2025” oleh APJII, sekitar 83,39% dari semua pengguna internet memakai smartphone sebagai perangkat utama untuk mengakses internet.
Alasan mengejutkan Xiaomi 13T jadi pilihan utama Gen Z--freepik
Untuk Gen Z, penggunaan aplikasi media sosial dan hiburan digital termasuk salah satu aktivitas dominan, seringkali dengan durasi akses lebih dari beberapa jam per hari karena kebutuhan komunikasi, konten, belajar, hingga hiburan.
Preferensi Platform Media Sosial
Gen Z sangat dipengaruhi oleh tren konten singkat dan interaktif seperti TikTok yang telah meroket menjadi platform paling populer di Indonesia, terutama di kalangan Gen Z, dengan 42,27% pengguna Gen Z menggunakannya.
Xiaomi 13T jadi idola Gen Z berkat performa dan desain stylish--freepik
YouTube tetap populer secara keseluruhan, meskipun preferensinya relatif lebih kuat di generasi yang sedikit lebih tua.