Toyota Etios Valco, Pemasaran Lesu Hingga Disuntik Mati

Selasa 29-04-2025,14:09 WIB
Reporter : Km Sofuan
Editor : Hanida Syafrina

PALTV.CO.ID,- Toyota selama ini dikenal sebagai merek otomotif dengan reputasi kuat di Indonesia, dikenal dengan mobil-mobil irit bahan bakar dan nilai jual kembali yang tinggi.

Sebagian besar modelnya, seperti Avanza, Agya, Calya, Fortuner, hingga Alphard, mendulang kesuksesan besar di pasar. Namun, tidak semua produk Toyota bernasib mujur. Salah satu contohnya adalah Toyota Etios Valco yang gagal di pasaran.

Diperkenalkan pada tahun 2013, Etios Valco hadir untuk meramaikan segmen city car murah di Indonesia.

Menariknya, meskipun tergolong mobil murah, Etios Valco tidak masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu baru booming di Indonesia. Meski demikian, mobil ini dibanderol dengan harga yang mendekati LCGC.

BACA JUGA:Mengintip BYD Yangwang U8L, SUV Super Mewah Berfitur Mengapung!

BACA JUGA:Inovasi Pelayanan! Kemenkum Kolaborasi dengan BPJS Kesehatan untuk Jaminan Hukum dan Kesehatan

Saat peluncurannya, Etios Valco sempat mencatat prestasi gemilang. Berdasarkan data penjualan, Toyota berhasil menjual sekitar 12.747 unit Etios Valco pada tahun 2013.

Mengalahkan rival-rivalnya seperti Honda Brio, Kia Picanto, Suzuki Splash, Mitsubishi Mirage, hingga Daihatsu Sirion. Namun, kejayaan tersebut tidak bertahan lama.

Memasuki tahun 2014, angka penjualan Etios Valco turun drastis menjadi 10.041 unit. Tren negatif itu berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Pada 2015, hanya 5.633 unit terjual, dan puncaknya di 2017, Etios Valco hanya mampu mencatatkan angka penjualan 665 unit. Akhirnya, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan Etios Valco di Indonesia.

BACA JUGA:Cuaca Panas Ekstrem! Begini Cara Merawat Mobil Anda Tetap Nyaman dan Awet

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Raih Penghargaan Bergengsi dari Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan

Mengapa Etios Valco Gagal?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kejatuhan Etios Valco. Pertama, meskipun murah, mobil ini tetap lebih mahal dibandingkan mobil-mobil LCGC yang saat itu menawarkan harga jauh lebih kompetitif.

Konsumen lebih memilih Honda Brio atau Daihatsu Ayla yang menawarkan harga lebih rendah, desain lebih menarik, serta fitur lebih lengkap.

Kategori :