PALTV.CO.ID,- Perdebatan mengenai transmisi kendaraan tidak pernah usai. Mulai dari perseteruan "Real Men Use Three Pedals" hingga "Simple Men Use Two Pedals", kini diskusi berlanjut pada keunggulan transmisi otomatis konvensional (AT) versus Continuously Variable Transmission (CVT).
Di tengah argumen yang tak berkesudahan, Mazda tampil berbeda dengan konsistensinya untuk tidak menggunakan CVT pada lini kendaraan mereka.
Filosofi Jinba Ittai: Mazda dan Pengalaman Berkendara
Mazda memegang teguh filosofi Jinba Ittai, yang berarti "kesatuan antara pengemudi dan kendaraan". Filosofi ini menjadi dasar pengembangan teknologi Mazda, termasuk keputusan untuk tetap menggunakan transmisi otomatis konvensional.
BACA JUGA:Rebel 250 E-Clutch 2025 Motor Terbaru Dari Honda Ternyata Segini Harganya
BACA JUGA:Instagram Perpanjang Durasi Reels hingga 3 Menit, Langkah Strategis Untuk Saingi TikTok
Menurut Mazda, CVT, meskipun menawarkan kenyamanan bagi banyak pengemudi, terasa kurang alami dan kurang melibatkan dibandingkan transmisi otomatis tradisional.
Mazda percaya bahwa pengalaman berkendara yang intuitif dan menyenangkan adalah prioritas utama.
Kelemahan CVT Menurut Mazda
CVT dikenal dengan kemampuan mengubah rasio secara halus tanpa perpindahan gigi yang terasa. Namun, Mazda menganggap bahwa karakteristik ini menciptakan "rubber band effect" di mana akselerasi terasa lambat dan kurang responsif.
BACA JUGA:Harga Cabai Merah di Palembang Tambah Pedas, Ini Penyebab Utamanya
BACA JUGA:Serikat buruh Pihak PT Melania Indonesia Tuntut Semua Hak yang Belum Terselesaikan
CVT sering mencoba mempertahankan mesin pada putaran efisien, sehingga tenaga maksimum tidak langsung terasa. Mazda melihat ini sebagai kekurangan yang tidak sesuai dengan filosofi mereka yang berorientasi pada performa.
Selain itu, Mazda juga mengkhawatirkan daya tahan CVT. Sistem ini menggunakan sabuk baja atau rantai untuk mengubah rasio, yang rentan aus dalam kondisi berkendara berat seperti tanjakan curam atau kemacetan parah.
Mazda tampil berbeda dengan konsistensinya untuk tidak menggunakan CVT pada lini kendaraan--youtube fuse box moto