Sejarah dan Perkembangan Mesin Harley-Davidson: Dari Sepeda hingga Sepeda Motor Legendaris

Kamis 07-11-2024,15:57 WIB
Reporter : M. Daniel Albarie
Editor : Muhadi Syukur

 

Perkembangan Mesin: Dari Flathead hingga Milwaukee Eight

Setelah mesin V-Twin yang diperkenalkan pada tahun 1907, Harley-Davidson terus mengembangkan mesin-mesinnya untuk menciptakan performa yang lebih baik. Pada 1914, mesin yang dikenal dengan nama F-Head diperkenalkan.

Mesin ini memiliki konfigurasi yang lebih kompleks dengan kombinasi overhead-valve dan flathead, yang memungkinkan performa mesin semakin meningkat.

Pada 1929, Harley-Davidson memperkenalkan mesin Flathead yang menjadi andalan untuk bersaing dengan merek lain, terutama Indian Motorcycle. Mesin ini memiliki kapasitas 735 cc dan menggunakan desain katup samping yang mempermudah proses perawatan.

BACA JUGA:Ducati DesertX Rally: Moge Tangguh untuk Off-Road

Mesin Flathead bertahan dalam produksi hingga 1973, menggantikan oleh Panhead pada 1948. Mesin Panhead dikenal dengan penutup mesin berbentuk seperti panci, dan menjadi salah satu mesin legendaris dalam sejarah Harley-Davidson.

Seiring waktu, mesin Harley-Davidson terus berkembang. Pada 1966, hadir mesin Shovelhead yang menggantikan Panhead. Mesin ini dirancang dengan ruang pembakaran yang lebih efisien dan katup yang lebih besar, meningkatkan tenaga dan kinerja mesin secara signifikan. Mesin Shovelhead menghidupkan kembali popularitas Harley-Davidson, meningkatkan penjualan mereka secara drastis.

Pada 1984, Harley-Davidson memperkenalkan mesin Evolution yang terkenal dengan bobotnya yang lebih ringan dan efisiensinya yang lebih baik. Mesin Evolution ini dianggap sebagai salah satu alasan penyelamatan Harley-Davidson dari kebangkrutan pada masa itu.

Kemudian, pada 1999, mesin Twin Cam diperkenalkan, yang fokus pada perbaikan struktural dan sirkulasi oli untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan mesin.

BACA JUGA:Tampil Unik, Toyota Hilux Rangga Diubah Menjadi Mobil Pengangkut Moge

 

Inovasi Terkini: Milwaukee Eight

Puncak inovasi mesin Harley-Davidson terwujud dengan peluncuran mesin Milwaukee Eight pada 2017. Mesin ini merupakan evolusi dari desain V-Twin yang telah menjadi ciri khas Harley-Davidson.

Milwaukee Eight memiliki empat katup per silinder, yang menghasilkan total delapan katup untuk dua silinder, yang meningkatkan torsi dan efisiensi mesin.

Keunggulan lainnya adalah pengurangan getaran mesin hingga 75%, serta suhu mesin yang lebih dingin, menjadikannya lebih nyaman untuk digunakan dalam perjalanan panjang.

Kategori :