Yamaha Scorpio Motor Sempurna Untuk Dimodifikasi

Sabtu 12-10-2024,20:02 WIB
Reporter : M. Fikri
Editor : Muhadi Syukur

Popularitas Yamaha Scorpio dalam dunia modifikasi tidak lepas dari beberapa faktor utama. Pertama, mesin 225 cc yang diusungnya terkenal tangguh dan mudah dioprek.

Banyak bengkel dan modifikator yang bisa meningkatkan performa mesin Scorpio dengan mudah, misalnya dengan mengganti karburator, knalpot, hingga komponen internal lainnya. Dengan mesin yang mudah di-tuning ini, Yamaha Scorpio memberikan banyak ruang bagi modifikator untuk berkreasi meningkatkan performanya.

Selain itu, sasis Yamaha Scorpio yang kokoh namun tidak terlalu berat juga menjadi alasan mengapa motor ini banyak digemari untuk modifikasi.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Umum Yamaha Vixion Second dan Cara Mengatasinya!

BACA JUGA:Yamaha Tracer 9 GT Plus: Motor Sport Tourer Terbaru dengan Teknologi Canggih

Sasis ini mudah diubah dan mampu menampung berbagai jenis tangki, stang, hingga suspensi yang diinginkan oleh pemiliknya. Hal ini menjadikan Scorpio sebagai motor yang fleksibel untuk dirombak ke berbagai gaya modifikasi, seperti cafe racer, tracker, scrambler, hingga chopper.

Gaya modifikasi yang paling populer untuk Yamaha Scorpio adalah cafe racer, di mana modifikator hanya perlu menurunkan stang, mengganti jok menjadi single seat, serta menambahkan aksen klasik pada bodi motor.

Untuk gaya tracker atau scrambler, modifikator bisa mengganti ban dengan ban dual purpose, menambahkan suspensi yang lebih tinggi, dan memasang knalpot yang lebih tinggi untuk mendapatkan tampilan offroad yang lebih kental.

Tak hanya itu, gaya brat style juga cukup populer di kalangan modifikator Scorpio. Gaya ini mengutamakan kesederhanaan dengan jok datar, tangki kecil, dan minim aksesoris. Meskipun terlihat sederhana, brat style memberikan kesan minimalis yang elegan, menjadikannya salah satu pilihan favorit bagi mereka yang ingin tampil beda tanpa banyak perubahan pada struktur dasar motor.

BACA JUGA:Upgrade Tampilan Grand Filano dengan Aksesori Resmi dari Yamaha

BACA JUGA:Yamaha NMAX TURBO: Solusi Navigasi Canggih dengan TFT Infotainment Display untuk Perjalanan Tanpa Hambatan


Popularitas Yamaha Scorpio dalam dunia modifikasi tidak lepas dari beberapa faktor utama--Foto : Youtube@fuse box Moto

Popularitas yang Terus Bertahan

Meskipun Yamaha Scorpio sudah tidak lagi diproduksi sejak tahun 2014, hal ini justru membuat motor ini semakin langka dan diminati oleh para pecinta modifikasi.

Harga Yamaha Scorpio bekas yang relatif terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa motor ini banyak diminati. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, para modifikator bisa mendapatkan motor dengan performa yang baik dan basis yang ideal untuk diubah sesuai keinginan.

Penghentian produksi Yamaha Scorpio juga terjadi karena alasan teknis, yaitu motor ini tidak lagi memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah. Namun, justru kondisi ini membuat motor tersebut semakin dicari dan dianggap sebagai kanvas kosong yang siap dirombak sesuai imajinasi modifikator.

Kategori :