Jamin Keselamatan Berkendara! Begini Cara Jaga Rem Motor Agar Tetap Pakem

Selasa 03-09-2024,10:06 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Perawatan Minyak Rem

Minyak rem adalah elemen vital dalam sistem rem hidrolik yang berfungsi sebagai media transfer tenaga dari tuas rem ke kaliper.


Close up pada seorang pria yang bersiap mencuri sepeda motor -gratispik-freepik

Kualitas minyak rem yang baik akan memastikan tekanan pada kaliper optimal dan rem dapat bekerja dengan maksimal.

Minyak rem yang kotor atau sudah lama tidak diganti bisa menyebabkan sistem rem kehilangan daya cengkramnya, sehingga berpotensi membuat pengereman menjadi tidak pakem.

Penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 1-2 tahun sekali, tergantung dari kondisi pemakaian dan rekomendasi pabrikan.

Saat mengganti minyak rem, pastikan untuk menggunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi

BACA JUGA:iPhone 16 Pro Max vs iPhone 15 Pro Max: Apakah Layak Untuk Ditingkatkan?

BACA JUGA:Ditembak OTD di Kepala, Warga Sematang Borang Palembang Tewas di TKP

motor Anda, biasanya DOT 3 atau DOT 4, tergantung pada jenis motor. Hindari mencampur minyak rem yang berbeda spesifikasi karena dapat merusak sistem rem.

Pengaturan dan Penyetelan Rem

Selain pengecekan komponen dan perawatan minyak rem, penyetelan rem juga menjadi faktor penting untuk memastikan rem tetap pakem.

Pada motor dengan rem tromol, pastikan kabel rem tidak terlalu kendor atau terlalu kencang. Kabel rem yang terlalu kendor bisa membuat respon pengereman menjadi lambat, sementara yang terlalu.

Pengaturan kabel rem sebaiknya dilakukan sesuai dengan petunjuk pabrikan atau bisa juga dilakukan di bengkel resmi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk motor dengan rem cakram, perhatikan posisi kampas rem. Kampas rem yang tidak sejajar atau tidak menekan piringan dengan sempurna bisa menyebabkan rem tidak bekerja dengan baik.

Kaliper yang tidak berfungsi dengan sempurna juga bisa membuat pengereman menjadi tidak efektif. Pastikan kaliper dalam kondisi bersih dan bebas dari debu atau kotoran yang bisa mengganggu kinerja rem.

Kategori :