Sistem Suspensi Mobil, Teknologi Terbaru yang Mengubah Pengalaman Berkendara

Kamis 22-08-2024,11:24 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Suspensi udara menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik dengan cara menyerap guncangan lebih efektif dibandingkan suspensi konvensional.

Selain itu, suspensi udara juga memungkinkan penyesuaian ketinggian yang lebih baik, yang berguna saat mengangkut beban berat atau saat melewati medan yang sulit.


Tukang reparasi mobil wanita sedang bekerja di bengkel mobil -gratispik-freepik

Kendaraan dengan suspensi udara dapat menyesuaikan ketinggian secara otomatis untuk memastikan ban tetap memiliki traksi yang optimal dengan jalan.

Suspensi Adaptif (Adaptive Suspension)

Teknologi suspensi adaptif adalah inovasi lain yang telah mengubah cara sistem suspensi bekerja. Suspensi adaptif menggunakan sensor yang terus menerus memonitor kondisi jalan, kecepatan kendaraan, dan gaya yang bekerja pada kendaraan.

Berdasarkan data tersebut, sistem secara otomatis menyesuaikan kekerasan suspensi untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas yang optimal.

Ini berarti bahwa suspensi bisa lebih kaku saat berkendara di jalan raya untuk meningkatkan stabilitas dan lebih lembut saat berkendara di jalan yang tidak rata untuk kenyamanan.

BACA JUGA:Optimisme BOLT dalam Menghadapi Pertumbuhan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

BACA JUGA:Pesta Rakyat Askolani-Netta (Asta) Ngeradak Kampung Hibur Rakyat Desa Sri Mulyo Kecamatan Air Salek

Suspensi adaptif sangat berguna dalam situasi berkendara yang berubah-ubah, seperti saat berpindah dari jalan raya yang halus ke jalan berbatu atau berlubang.

Sistem ini juga dapat meningkatkan keamanan dengan mengurangi body roll saat berbelok, sehingga meningkatkan stabilitas kendaraan.

Beberapa sistem suspensi adaptif juga memungkinkan pengendara untuk memilih mode berkendara yang berbeda, seperti sport, comfort, atau eco, yang masing-masing menawarkan pengaturan suspensi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Suspensi Magnetoreologis

Teknologi suspensi magnetoreologis adalah salah satu inovasi paling canggih dalam sistem suspensi mobil.

Sistem ini menggunakan cairan magnetoreologis, yang terdiri dari partikel besi mikroskopis yang tersuspensi dalam cairan minyak.

Kategori :