Jumpa Pers P3SRS di Pasar 16 Ilir Palembang Berakhir Ricuh, Ini Penyebabnya!

Selasa 13-08-2024,22:24 WIB
Reporter : Ridho Ilahi
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Acara jumpa pers pada Selasa siang, 13 Agustus 2024 yang digelar oleh P3SRS di Pasar 16 Ilir Kota Palembang untuk mempertahankan hak mereka berakhir ricuh.

Polemik proyek revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang antara PTBCR dan para pedagang kembali memanas, setelah pihak PTBCR mengeluarkan Surat Edaran untuk mengosongkan seluruh kios lantai 3.

Ketua P3SRS Pasar 16 Ilir Palembang HM Aflah menyatakan jumpa pers yang dilakukan dalam upaya mempertahankan hak para pedagang, memberikan edukasi dan motivasi kepada para pedagang, sekaligus menyampaikan informasi bahwa SHM yang dimiliki oleh pedagang adalah sah.

"Pada siang ini kami menerima Surat Edaran dari PTBCR yang menyatakan bahwa SHM kami terhapus, sehingga kami menggelar jumpa pers ini untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada para pedagang, serta memberikan informasi bahwa SHM kami adalah sah dan tetap kami pertahankan," kata HM Aflah.

BACA JUGA:Didampingi Tim Advokasi, Pedagang Pasar 16 Ilir Laporkan Tindak Maladministrasi ke Ombudsman Sumsel

BACA JUGA:Geger! Ditemukan Tangki Minyak Goreng Curah dalam Jumlah Besar di Pasar 16 Ilir


HM Aflah, Ketua P3SRS Pasar 16 Ilir Palembang, Selasa (13/8/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

Aflah juga menyampaikan hampir 3.000 pedagang yang memiliki SHM terdampak dengan adanya PTBCR ini, yang membuat pendapatan para pedagang menjadi turun drastis.

"Dalam gedung ini ada sekitar 2.000 hingga 3.000 pedagang yang memiliki SHM terdampak, sehingga pendapatan para pedagang menurun drastis dengan adanya PTBCR ini yang mengintimidasi para pedagang," tambah HM Aflah.

Ketika acara jumpa pers berlangsung, pihak PTBCR melalui petugas keamanan mengunci gedung Pasar 16 Ilir serta melakukan pembakaran yang menyalahkan para pedagang.

Hal ini yang menjadi penyebab kericuhan pada saat jumpa pers berlangsung yang membuat para pedagang merusak pagar pembatas dari seng yang dibuat oleh PTBCR.

BACA JUGA:Tinjau Pasar 16 Ilir, PJ Walikota Palembang Akan Lakukan Pembenahan untuk Mempercantik Pasar 16 Ilir

BACA JUGA:Revitalisasi Pasar 16 Ilir, Ini Respon dan Harapan Masyarakat Palembang

"Pada saat jumpa pers, pihak PTBCR melakukan penguncian terhadap gedung Pasar 16, serta melakukan pembakaran dari pihak Satpam yang menyalahkan para pedagang, sehingga kami spontan melakukan aksi ini," jelas Ketua P3SRS Pasar 16 Ilir HM Aflah.


Massa pedagang yang tergabung dalam P3SRS Pasar 16 Ilir Palembang merobohkan pagar seng yang dikunci dari luar, Selasa (13/8/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

Kategori :