Masyarakat Dapat Memanfaatkan Layanan dalam Legal Expo Kemenkumham Sumsel di Palembang Indah Mall

Sabtu 03-08-2024,10:12 WIB
Reporter : Dera
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kemenkumham Sumsel) kembali menggelar Expo Pelayanan Publik.

Legal Expo Kemenkumham Sumsel tahun yang diselenggarakan di Palembang Indah Mall (PIM) pada tanggal 2-4 Agustus 2024 ini, merupakan rangkaian memeriahkan Hari Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI ke-79.

Dalam pembukaan acara pada Jumat sore, 2 Agustus 2024, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati menyampaikan bahwa Hari Pengayoman Kemenkumham Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 19 Agustus.

Pada tahun 2024 ini, lanjut Ika Ahyani Kurniawati, Hari Pengayoman Kemenkumham RI mengusung tema ”Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”.

BACA JUGA:Seorang Tahanan Rutan Pakjo Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel


Ika Ahyani Kurniawati, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sumsel, Jumat (2/8/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

“Tema tersebut tentu menjadi landasan kami untuk senantiasa memberi pelayanan terbaik. Salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan layanan on the spot di tempat umum, supaya lebih dekat dengan masyarakat,” terang Kadivyankum Kemenkumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati.

Kadivyankumham Kemekumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati menegaskan bahwa banyak layanan yang bisa didapat masyarakat selama kegiatan Legal Expo Kemenkumham Sumsel di PIM.

Pada Pelayanan Hukum dan HAM, Kemenkumham Sumsel meneydiakan Layanan Administrasi Hukum Umum, yang meliputi Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan, Pendaftaran Perseroan Perorangan, Apostille, dan Kenotariatan.

Sedangkan pada Layanan Kekayaan Intelektual (KI) berupa pendaftaran KI, informasi KI, konsultasi mengenai merek, cipta, maupun jenis Kekayaan Intelektual lainnya.

BACA JUGA: Selama Dua Pekan Terakhir, Kemenkumham Sumsel Berhasil Harmonisasi 73 Raperkada


Legal Expo Kemenkumham Sumsel di PIM merupakan rangkaian memeriahkan Hari Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI ke-79, Jumat (2/8/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Selain layanan tersebut di atas, pengunjung Legal Expo Kemenkumham Sumsel juga dapat memanfaatkan layanan Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang menyiapkan layanan Konsultasi Keimigrasian dan layanan Paspor. Dalam sehari, disediakan kuota 79 orang pemohon pengajuan Paspor baru maupun penggantian Paspor.

Kuota 79 orang pemahon tersebut dengan rincian 29 orang kuota prioritas dengan datang langsung (walk-in) dan melalui aplikasi M-Paspor sebanyak kuota 50 orang pemohon.

Kategori :