Ada 2.903 Janda Baru di Palembang Sepanjang 2022, Kok Bisa Ya?

Rabu 04-01-2023,19:58 WIB
Reporter : Wibisono
Editor : Wibisono

3. Pengadilan agama imbau masyarakat mediasi sebelum bercerai

Rodiyatul berharap, angka perceraian di Palembang tahun depan bisa menurun. Ia juga mengimbau masyarakat yang ingin mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama agar melakukan mediasi keluarga terlebih dahulu.

"Sebaiknya pikir-pikir yang matang dulu sebelum datang ke Pengadilan Agama. Supaya lebih aman dan nyaman memperbaiki hubungan rumah tangga," jelasnya.

Banyak faktor penyebab perceraian ini. Bahkan, pasangan yang terlihat ideal bisa saja dihadapkan  pada situasi ini.  Bukan hanya selebriti atau politikus, orang yang kita ketahui terlihat begitu mesra dan serasi pun bisa juga kandas pernikahannya.

Nah, apakah yang menyebabkan  pasangan yang napak harmonis dan baik-baik saja tiba-tiba  bisa dirundung perceraian? lnilah 4 hal penyebab utama perceraian seperti yang dilansir dari bojonegoro.go.id:

BACA JUGA:1.494 Warga OKU Mendaftar Calon PPS Pemilu 2024

BACA JUGA:375 Peserta Ikuti Kejuaraan Bulu Tangkis PBSA Open 2023 di Sekayu

 

Perselingkuhan

Pasangan yang mengkhianati janji perkawinannya  adalah penyebab paling sering hancurnya rumah tangga.  Pihak yang merasa sakit hati tentu  lebih memilih berpisah.

Meski demikian, tak sedikit pasangan yang berhasil melalui masalah ini dan sepakat untuk membuka  lembaran baru dalam pernikahannya. Dibutuhkan komitmen dan ketulusan yang kuat untuk memaafkan.

 

Kemalasan

Terkadang orang tidak mau 'bekerja' dalam pernikahan. Ada sugesti yang keliru bahwa pernikahan akan membuat kita bahagia. Hal ini menyebabkan  kekeliruan cara pandang, seolah-olah  pernikahan adalah hal yang terpisah dari luar diri kita yang akan bertahan dan berkembang  dengan sedikit usaha dari suami dan istri.

Wanita kerap merencanakan  hal besar dalam pernikahannya. Segala keperluan untuk pernikahan disiapkan  sedetail mungkin tanpa tahu makna pernikahan yang sebenarnya. Sementara itu, pria mencari pasangan yang rela merawat, menyayangi dan menikahi wanita yang tidak menuntut banyak pada dirinya.

Namun, apa yang terjadi bila pasangan merasa kecewa akan pernikahannya? Sayangnya, mereka mulai mencari di luar diri mereka untuk menentukan keretakatan rumah tangannya daripada melihat situasinya dan mempertanyakan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki  keadaan.

Kategori :