Fakta Mengejutkan Dibalik BYD Kuasai Hampir 3% Pasar Mobil Listrik Jepang

Rabu 17-07-2024,10:54 WIB
Reporter : ahmad afif
Editor : Hanida Syafrina

Dominasi BYD di Pasar Mobil Listrik Jepang

Kehadiran BYD, produsen mobil listrik ternama dari Tiongkok, semakin mengukuhkan posisinya di pasar mobil listrik Jepang.

Dengan penjualan yang terus meningkat, BYD berhasil menarik perhatian dalam arena kompetitif mobil listrik global, khususnya di Jepang yang memiliki pasar yang unik dengan tantangan dan potensi sendiri.

Pasar mobil listrik Jepang, meskipun masih diwarnai oleh dominasi produsen lokal, kini mulai membuka peluang lebih besar bagi merek-merek asing seperti BYD. Penjualan BYD yang mencapai 1.084 unit dalam enam bulan pertama tahun ini menandakan bahwa penerimaan terhadap mobil listrik dari Tiongkok semakin positif di Jepang.

Dengan memperkenalkan model-model seperti Atto 3, Dolphin, dan Seal, BYD telah menunjukkan komitmennya untuk menyediakan pilihan mobil listrik yang beragam dan kompetitif.

BACA JUGA:Infinix GT Gaming Beast: Laptop Gaming dengan Desain Mecha dan Performa Ekstrem

Langkah ini diperkuat dengan rencana ekspansi jaringan penjualan yang ambisius, yang bertujuan untuk mencapai 90 outlet di Jepang pada akhir tahun ini.

Meskipun tantangan tetap ada, termasuk penurunan signifikan dalam penjualan mobil listrik domestik seperti Nissan Sakura, pasar mobil listrik Jepang tetap menjadi arena yang menarik bagi perusahaan-perusahaan seperti BYD.

Peningkatan signifikan dalam penjualan mobil listrik bertenaga baterai (BEV), yang kini menyumbang hampir 10% dari total impor, menunjukkan bahwa adopsi terhadap teknologi ramah lingkungan semakin berkembang di Jepang.

Argus mencatat bahwa brand-brand asing memegang kendali dalam segmentasi mobil listrik Jepang, terutama karena mereka mampu menawarkan variasi model yang lebih luas dibandingkan dengan produsen lokal.

BACA JUGA:Trump Disambut Bak Pahlawan Saat Tampil Perdana Usai Dirinya Selamat Dari Penembakan

Hal ini memberikan peluang bagi BYD dan brand-brand global lainnya untuk terus memperluas pangsa pasar mereka di Jepang, di mana penjualan mobil listrik diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang.

Dengan visi untuk mencapai 30.000 penjualan di tahun 2025, BYD menunjukkan bahwa mereka tidak hanya bertekad untuk mengukuhkan kehadiran mereka di Jepang, tetapi juga untuk menjadi pemain kunci dalam transisi global menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.*

Kategori :