Roti Maryam Empuk dan Anti Gagal

Sabtu 06-07-2024,14:43 WIB
Reporter : Leni Marlina
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Roti maryam adalah salah satu hidangan yang berasal dari Timur Tengah. Makanan ini dibuat dari tepung terigu, roti maryam berbentuk pipih, dan bisa dinikmati dengan berbagai pelengkap seperti kuah kari atau keju.

Anda juga bisa menyajikannya roti maryam ini dengan topping manis seperti madu atau selai. Selain itu, roti maryam ini juga bisa dijadikan sebagai pendamping hidangan utama atau camilan yang lezat.

Proses pembuatannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Bahan-bahan: ½ kg tepung terigu, 2 butir kuning telur, 2 sendok makan gula pasir, ¼ sendok teh garam, Air secukupnya, Margarin secukupnya, Minyak goreng secukupnya.

BACA JUGA:Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Sumsel mencapai 1.756 kasus, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Cara Membuat: Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan kuning telur dalam sebuah wadah besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Secara perlahan, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan mulai terbentuk.

Lanjutkan menguleni adonan dengan tangan hingga adonan menjadi kalis, yaitu tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk dengan mudah.

Tambahkan sedikit margarin ke dalam adonan. Uleni kembali hingga margarin tercampur rata.

BACA JUGA:Kepulangan Jamaah Haji Gelombang Kedua Kloter 11 Dari Oku Timur dan Kota Palembang

Margarin ini akan membantu adonan tidak terlalu lengket dan lebih mudah dibentuk. Jika adonan sudah kalis dan elastis, bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil. Bentuk masing-masing bagian menjadi bulatan.

Lumuri setiap bulatan adonan dengan minyak goreng. Kemudian, rendam bulatan adonan dalam sedikit minyak selama satu jam.

Ini akan membantu adonan menjadi lebih lembut dan mudah diolah. Setelah satu jam, ambil satu bulatan adonan dan pipihkan setipis mungkin.

Lumuri permukaan adonan yang sudah pipih dengan margarin, lalu gulung adonan seperti membuat gulungan kertas.

Ulangi langkah ini untuk semua bulatan adonan. Panaskan teflon di atas api sedang. Letakkan satu gulungan adonan di atas teflon, kemudian tekan-tekan hingga pipih.

Kategori :