Rahasia Sukses Langkah Demi Langkah Lulus Tes Ujian Mengemudi SIM A untuk Mobil

Sabtu 15-06-2024,15:31 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mengemudi mobil memerlukan SIM A yang dikeluarkan oleh Departemen Kepolisian. Tentu saja, Anda tidak boleh mengendarai mobil dan Anda akan menghadapi hukuman berat jika melanggar.

Tampaknya untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi tidaklah sulit. Itu karena Anda bisa mempersiapkan ujian dengan terlebih dahulu belajar untuk mendapatkan SIM.

Ada dua jenis tes SIM yang diselenggarakan oleh pihak berwenang. Yang pertama adalah tes teori. Pada langkah ini, Anda harus menjawab pertanyaan tentang keterampilan mengemudi dan pengetahuan Anda tentang rambu lalu lintas. Tes berpindah ke tahap praktik.

Ini akan menguji keterampilan mengemudi dan menyetir Anda. Untuk mempermudah mengikuti tes, Indonesia telah menerbitkan dokumen yang menguraikan langkah-langkah yang harus Anda ambil selanjutnya.

BACA JUGA:Lenovo LOQ 15IAX9: Memanjakan Gamer dengan Prosesor Intel® Core™ i5 dan Grafis Realistis Intel® Arc™ Graphics

Ujian Teori

Tes SIM A dilaksanakan oleh Kantor Administrasi SIM atau SATPAS Korlantas Polri. Konsep SIM A online terdiri dari 30 item yang harus diselesaikan oleh calon SIM. 15 menit lamanya. Jika Anda membagi waktu antar soal, Anda hanya memiliki waktu 30 detik untuk menjawab setiap soal tes. Isi tes berupa soal-soal yang hanya memiliki dua pilihan jawaban: “benar” atau “salah”.

Namun jika ujiannya masih menggunakan tes kertas, soalnya akan memiliki beberapa bagian. Kandidat harus menjawab salah satu dari empat jawaban yang benar: A, B, C atau D. Merujuk laman Satuan Lalu Lintas Polres Katingan, pelamar harus mencetak minimal 70 poin dalam tes untuk lolos dan kemudian lulus tes berikutnya. Langkah tes selanjutnya.

Ujian Praktek

Untuk ujian praktek dalam pengajuan SIM A, terdapat beberapa tahap ujian. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak berikut ini:

1. Berkendara Maju dan Mundur: Ujian ini untuk mengetahui kemampuan Anda dalam mengoperasikan kendaraan sat berjalan maju dan mundur.


Rahasia Sukses Langkah Demi Langkah Lulus Tes Ujian Mengemudi SIM A untuk Mobil--Foto: Instagram@carro.id

2. Berkendara zig-zag: Pada tahap ini, kemampuan Anda dalam melakukan manuver kendaraan dengan pola zig-zag.

3. Parkir mobil seri: Tujuannya untuk mengetahui kecakapan dalam melakukan parkir mundur dengan sudut 90 derajat dalam ruangan yang terbatas atau sempit.

4. Parkir mobil paralel: Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dalam melakukan parkir secara berjajar dan memanjang.

Kategori :