Pembuktian Kehadiran Makhluk Astral di Tanjakan Emen Subang, Mitos atau Fakta?

Jumat 24-05-2024,16:32 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Pendakiannya sangat terjal, panjang dan terjal, sekitar 45 derajat. Tentu saja jika Anda melakukan kesalahan, mobil Anda bisa menjadi bumerang.

Jika dipikir secara logis, ada kemungkinan terjadi kecelakaan mobil di negara yang jalanannya kasar ini. Lalu apa saja tips berkendara menanjak?

Tips menanjak menggunakan mobil manual

1. Menggunakan gigi 1 dan 2

Kamu harus memposisikan gigi pada gigi 1 dan 2. Gigi 1 digunakan pada tanjakan yang benar- benar curam, kemudian dapat berpindah gigi 2 ketika tanjakan melandai. Ada juga pengendara yang menginjak pedal kopling setengah atau posisi kopling menggantung saat menanjak. Tetapi hal ini justru akan membuat kopling cepat panas bahkan sampai jebol.

2. Gunakan rem tangan ketika berhenti

Cara yang kedua ini dapat dilakukan ketika mobil terpaksa berhenti karena antrian atau ketika mobil mundur. Segera tarik rem tangan agar mobil tidak turun. Apabila mobil akan berjalan kembali, kamu bisa melepas rem tangan secara perlahan allu lepas pedal kopling dan rem. Sementara itu kaki kanan digunakan untuk menginjak gas. Banyak berlatih sebelum melalui tanjakan yang ramai ya.

​3. Rem kaki hanya untuk tanjakan yang landai

Kamu juga bisa menggunakan rem kaki ketika mobil tiba-tiba mundur saat berada di tanjakan. Tetapi cara ini bisa dilakukan di tanjakan yang tidak terlalu curam atau yang cukup landai. Kamu bisa melakukan kombinasi rem kaki dan kopling untuk menyesuaikan putaran mesin. 

Caranya adalah menekan rem ketika berhenti, kemudian pindahkan persneling ke posisi netral. Kalau sudah mulai berjalan, lepas rem kaki secara perlahan dan lepas pedal kopling. Mobil akan bergetar dan bergerak maju secara perlahan.

4. Menginjak pedal rem dan kopling bersamaan

Ketika mobil tiba-tiba terhenti saat sedang menanjak, kamu bisa menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan. Mobil akan berhenti tetapi mesin masih hidup. Kemudian posisikan transmisi pada gigi

1. Saat akan jalan kembali, kamu bisa menginjak gas sekitar 2000 rpm dan secara bersamaan lepas kopling dan rem sampai posisi setengah.

Tips Menanjak Menggunakan Mobil Matic

Berkendara menggunakan  mobil manual  tentu berbeda dengan mobil matic. Mobil matic juga terkenal sering kehabisan tenaga saat menanjak, apalagi di tanjakan yang cukup curam. Ini dia cara yang bisa kamu lakukan ketika menggunakan mobil matic untuk menanjak.

1. Cocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan

Kategori :