Mobil Bergetar Saat RPM Rendah: Mengenali Penyebab dan Solusinya

Rabu 15-05-2024,07:43 WIB
Reporter : Sandi Andriansyah
Editor : Muhadi Syukur

BACA JUGA:Cara Merawat Transmisi Otomatis Mobil Anda dengan Benar, 8 Hal yang Harus Diketahui.

 

Sambungan Propeller Aus

Pada mobil dengan penggerak roda belakang, sambungan propeller atau universal joint juga harus diperiksa jika mobil bergetar tidak wajar. Sambungan yang sudah aus bisa menyebabkan getaran yang terasa saat mobil dijalankan pada RPM rendah. Jika sambungan ini sudah aus, sebaiknya segera diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

 

Ban Mobil Tidak Rata/Bergelombang

Ban mobil yang tidak rata atau bergelombang juga bisa menjadi sumber getaran yang signifikan. Getaran ini bisa terasa baik pada RPM rendah maupun tinggi. Kondisi ban yang tidak rata bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk umur ban, kondisi jalan yang buruk, atau jarang melakukan spooring dan balancing.

Cek kondisi ban secara berkala untuk memastikan tidak ada gelombang, cekungan, atau benjolan yang bisa menyebabkan getaran. Selain itu, periksa juga kondisi velg untuk memastikan tidak ada kerusakan yang bisa mempengaruhi keseimbangan ban.

BACA JUGA:Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

 

Batang Piston Bengkok

Meskipun jarang terjadi, batang piston yang bengkok juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar pada RPM rendah. Batang piston berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dengan piston dan mempengaruhi volume silinder mesin.

Jika salah satu batang piston bengkok, volume silinder akan berubah dan proses pembakaran menjadi tidak seimbang.

Ini bisa terjadi akibat insiden tertentu, seperti mobil yang menerjang banjir sehingga air masuk ke intake manifold dan menyebabkan efek water hammer. Hal ini bisa membuat batang piston bengkok dan memicu getaran yang tidak normal.

BACA JUGA:Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

 

Kategori :