5 Tips Pengelolaan Mobil Kantor, Harus Beli atau Sewa Saja?

Kamis 09-05-2024,15:27 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Muhadi Syukur

Setiap kendaraan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Berbeda merek saja bisa beda cara merawatnya. Apalagi, kendaraan dengan spesifikasi rendah bisa menyebabkan masalah perawatan yang lebih parah. Sehingga, tentunya berdampak langsung pada anggaran perusahaan. 

BACA JUGA:Teknik Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula Terkait Mental Psikologis

Meskipun mobil dengan spesifikasi rendah bisa menyebabkan masalah perawatan, tetapi spesifikasi kendaraan yang terlalu tinggi juga bisa meningkatkan biaya-biaya. Mulai dari biaya untuk membeli, membeli bahan bakar, mengganti spare part, dan servis lainnya.

 

4. Memeriksa mobil sebelum dipakai

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam pengelolaan mobil kantor adalah memeriksa kondisi mobil sebelum dipakai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja saat berkendara.

Beberapa hal yang perlu dicek adalah tekanan ban, kondisi oli, kondisi lampu mobil, aki, hingga minyak-minyak atau pelumas dalam mesin, rem, transmisi dan power steering.

BACA JUGA:Mengenal Penyebab Rem Blong pada Mobil Transmisi Matik dan Cara Mencegahnya

 

5. Memakai software atau aplikasi khusus

Kini, karyawan Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual. Pengelolaan mobil kantor secara otomatisasi menggunakan software maupun aplikasi khusus bisa lebih mudah dan efisien. Bahkan, data yang telah dimasukkan bisa disinkronkan dengan sistem lain.

Anda bisa menggunakan software yang bisa membantu mengontrol dan mendata aset perusahaan. Selain itu, memakai aplikasi servis mobil juga bisa dilakukan.

Salah satunya adalah yang menyediakan laporan atau pencatatan riwayat servis mobil kantor di aplikasi. Anda juga bisa mengakses hasil inspeksi pada Digital Inspection Result.

BACA JUGA:Indonesia Mengklaim Baterai Nikel Lebih Unggul untuk Mobil Listrik

 

Lebih Baik Sewa atau Beli?

Kategori :