Pemerintah Sedang Meneliti Kembali Kebijakan Harga Gas Khusus untuk Industri

Minggu 25-02-2024,15:49 WIB
Reporter : moes
Editor : Abidin Riwanto

BACA JUGA:Rahasia Helm Harum dan Tahan Lama, Panduan Merawat Helm agar Tetap Wangi dan Awet

Penerapan harga gas murah terbukti sangat efektif saat pandemi. Yustinus menjelaskan bahwa kebijakan HGBT bisa diibaratkan sebagai suntikan vital bagi industri pengolahan pada awal pandemi dan sebagai sumber energi penting saat dampak pandemi semakin terasa. "Kebijakan HGBT membantu membangun ketangguhan industri pengolahan. 

Oleh karena itu, keberadaan HGBT sangat penting untuk menjaga ketahanan industri pengolahan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi yang dipengaruhi oleh gejolak geopolitik dan kondisi cuaca yang ekstrem," ujarnya.

Gas industri merupakan jenis gas yang digunakan dalam berbagai proses industri untuk berbagai tujuan, seperti pemanasan, pengolahan bahan baku, pembangkitan energi, dan lainnya. Gas industri biasanya dihasilkan dari proses pemurnian gas alam atau pemisahan udara, di mana komponen-komponen seperti nitrogen, oksigen, argon, dan lainnya dipisahkan untuk digunakan dalam industri.

Beberapa contoh gas industri yang umum digunakan meliputi oksigen, nitrogen, argon, hidrogen, propana, dan butana. Gas-gas ini memainkan peran penting dalam mendukung kegiatan industri dan merupakan bagian vital dari infrastruktur industri modern.(*)

Kategori :