9 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Telah Kusam Tak Terawat.

Minggu 04-02-2024,17:06 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Muhadi Syukur

3. Perhatikan Material Dasbor

Pertimbangkan Kain Panel Kontrol, Panel terbuat dari berbagai bahan. Ada yang terbuat dari plastik, kayu, karet atau kulit. Jika mobil Anda memiliki dashboard kayu seperti Wuling Cortez CT, cukup dilap dengan kain mikrofiber bersih dan sebaiknya gunakan air yang ada di dalam mobil.Untuk membersihkan sela-sela konsol dapat menggunakan sikat kecil atau sikat gigi yang lembut untuk kompor AC. 

BACA JUGA: Komponen Roller Pada CVT, Inilah 3 Fungsi Roller Pada Komponen CVT Terhadap Motor Matic!

Jika Anda memiliki noda dan bau yang membandel, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan larutan pembersih rumah tangga untuk menghilangkannya.Anda bisa mencampurkan airnya sendiri dengan 2 gelas air, lalu 3 sendok makan cuka, 1/2 sendok makan deterjen, dan 1/2 sendok makan minyak sabun.

Tuangkan larutan pembersih buatan sendiri pada permukaan panel kontrol yang kotor atau semprotkan pada kain terlebih dahulu dan bersihkan kotoran dengan lembut.

Ya, jika dashboard mobil Anda berbahan kulit, sebaiknya berhati-hatilah. Barang berbahan kulit umumnya lebih sensitif terhadap bahan kimia seperti sabun. Air mengeringkan bahan kulit dan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, Anda dapat membersihkan panel kontrol berbahan kulit dengan iklanamp kain.

 

4. Alat Penyedot Debu

BACA JUGA:Harga Mulai Dari 400 Jutaan, Inilah 4 Pilar yang Diusung Oleh Mobil New MG HS Dari MG Motors Indonesia!

Produk pembersih khusus pertama yang dapat membersihkan dashboard adalah Vacuum Cleaner. Ukuran alat ini yang kecil membuatnya ideal untuk membersihkan kotoran pada dashboard mobil Anda karena dapat masuk ke celah-celah sempit sehingga memudahkan pembersihan. Pakai masker dan jangan lupa bawa hand sanitizer. Agar terhindar dari virus, ikuti tips membersihkan interior mobil Anda berikut ini.

 

5. Interior Cleaner

Bisa dikatakan pembersih  ini paling efektif. Semprotkan saja pembersih interior ke seluruh dashboard Anda. Biarkan selama 15 menit hingga air bekerja dengan baik. Jika sudah, lanjutkan proses pembersihan dengan mengelapnya menggunakan kain mikrofiber atau chamois.

Apakah Anda mempunyai pil anti penuaan? Tentunya sebagai pemilik mobil juga harus melakukan hal yang sama hingga kotorannya hilang. Hasilnya, panel akan menjadi lebih cerah dan kotoran atau kotoran yang menempel pada panel akan hilang. Ingatlah untuk menggunakan produk pembersih berbahan dasar air.

BACA JUGA: 3 Jenis Pick Up Unggulan dari Toyota Desain dan Spesifikasinya


Sikat Halus --Foto : Freepik.com/freepik

Kategori :