Ikrar Setia kepada NKRI 3 Narapidana Terorisme di Lapas Kelas I Palembang

Sabtu 27-01-2024,16:34 WIB
Reporter : Devi Setiawan
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tiga Narapidana Terorisme (Napiter) bernama Shahdani Bin Sartam, Para Denis Bin Amirudin Zainal dan Andi Saputra Bin Erlis Ermansyah, telah mengikuti program pembinaan Lapas Kelas I Palembang.

Tiga Napiter tersebut kemudian menyatakan Ikrar Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Aula Lapas Kelas I Palembang pada hari Rabu, 24 Januari 2024.

Dengan menyampaikan Ikrar Setia kepada NKRI, diharapkan tiga Napiter tersebut kembali ke pelukan hangat Ibu Pertiwi.

Shahdani Bin Sartam memimpin dua Napiter lainnya, Para Denis Bin Amirudin Zainal dan Andi Saputra Bin Erlis Ermansyah, menyampaikan ikrar setia kepada NKRI.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyakuran Puncak Peringatan HBI ke-74

“Saya berjanji untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan akan melindungi segenap Tanah Air Indonesia dari segala tindakan-tindakan aksi terorisme yang dapat memecah belah persatuan Indonesia,” kata Shahdani Bin Sartam bersama Para Denis Bin Amirudin Zainal dan Andi Saputra Bin Erlis Ermansyah.

Sambutan Kalapas Kelas I Palembang S.E.G Johanes menandai pembukaan kegiatan Ikrar Setia tiga Napiter kepada NKRI. Kemudian, Kalapas Kelas I Palembang menyampaikan Laporan Kegiatan.

Melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Bambang Haryanto, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan Dr Ilham Djaya, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tiga Napiter yang telah secara ikhlas berikrar setia kepada NKRI dan meninggalkan baiat yang sudah mereka ikuti sebelumnya.

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto berharap, kegiatan Ikrar Setia kepada NKRI oleh tiga Napiter di Lapas Kelas I Palembang ini, dapat menjadi contoh bagi seluruh UPT Pemasyarakatan di Sumatera Selatan, terutama yang sedang melakukan pembinaan kepada Napiter.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Dorong Pemkab Empat Lawang Lakukan Pelayanan Berbasis HAM


Tiga Napiter di Lapas Kelas I Palembang usai menyatakan Ikrar Setia kepada NKRI, Rabu (24/1/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Selain itu, Bambang Haryanto juga berharap kegiatan tersebut dapat membuat hati para Napiter di seluruh Indonesia tergerak untuk bersikap setia kepada NKRI.

“Menyadari bahwa Pancasila dan UUD 1945 tidak bertentangan dengan ajaran Islam, ini membuktikan bahwa pembinaan di dalam Lapas Kelas I Palembang telah berjalan maju,” ujar Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada acara inti, yaitu pembacaan Ikrar Setia Kepada NKRI, Penandatanganan Pernyataan Setia kepada NKRI, dan Prosesi Penghormatan serta Penciuman Bendera Merah Putih oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Tindak Pidana Terorisme.

Dalam kegiatan Ikrar Setia kepada NKRI oleh tiga Napiter Lapas Kelas I Palembang ini, dihadir oleh Perwakilan Kanwil Kemenag Kota Palembang, Kapolsek Sako, BNPT, Perwakilan Densus 88 Sumatera Selatan, Danramil 418-08 Sako, Kasat Intel Porlestabes Palembang, dan beberapa instansi terkait lainnya.*

Kategori :