Pahami Hal-Hal Ini Jika Memutuskan Membeli Mobil Listrik atau Mobil BBM

Kamis 25-01-2024,15:15 WIB
Reporter : Km Sofuan
Editor : Hanida Syafrina

2. Cara Isi Ulang 

Dikarenakan perbedaan bahan bakar, proses pengisian ulangnya pun menjadi berbeda. Mobil konvensional memerlukan pengisian bahan bakar dengan menggunakan bensin, dan hal ini dapat dilakukan di pom bensin yang tersebar di berbagai lokasi.

Pada mobil listrik, baterainya perlu diisi secara rutin sesuai dengan tingkat pemakaian. Proses pengisian cenderung memerlukan waktu lebih lama, terutama jika menggunakan stop kontak biasa di rumah.

Namun, saat ini stasiun pengisian baterai yang mampu mengisi daya dengan lebih cepat mulai tersedia. Untuk mengisi daya hingga mencapai 80%, biasanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.

BACA JUGA:Menjaga Situasi di Masa Kampanye Polres Muara Enim Razia Knalpot Brong

3. Cara Kerja Mesin

Jika dilihat dari cara kerjanya, mobil konvensional menggunakan bahan bakar minyak yang kemudian dibakar di dalam mesin pembakaran dalam. Bahan bakar tersebut akan menghasilkan energi yang digunakan untuk melakukan transmisi dan menggerakkan roda.

Di sisi lain, mobil listrik mengandalkan baterai sebagai sumber daya utama. Baterai tersebut dapat menyimpan daya listrik yang kemudian digunakan untuk menggerakkan mesin.

4. Cara Perawatan

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga Peringati HBI ke-74

Perbedaan lain antara mobil listrik dan bensin terletak pada segi perawatan. Komponen mesin yang berbeda tentu mengakibatkan perbedaan dalam cara merawat mobil tersebut. Ada beberapa proses perawatan yang hanya diterapkan pada mobil bensin atau mobil listrik.

Tentunya, kedua jenis mobil ini memerlukan perawatan yang berbeda karena perbedaan komponen mesinnya. Penting untuk memahami perbedaan ini ketika Anda memilih jenis mobil, karena setiap produk dapat memiliki fitur yang berbeda.

5. Efisiensi Bahan Bakar

Selanjutnya, mari kita lihat aspek yang tak kalah penting saat memilih mobil, yaitu konsumsi bahan bakar. 

BACA JUGA:Inilah 3 Tips Perawatan Filter Udara Pada Sepeda Motor Agar Kinerja Mesin Motor Dapat Berjalan Optimal!

Mobil listrik memiliki kebutuhan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien karena tidak melibatkan transmisi yang kompleks, dan kecepatan gerak mobil dikendalikan oleh motor listrik.

Kategori :