Menyelami Dunia Herbal! Panduan Penting untuk Konsumsi Tanaman Herbal dengan Bijak

Selasa 12-12-2023,15:02 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Hal ini harusnya dilihat dengan serius walaupun obat yang berbentuk cairan mudah dikonsumsi faktor eksternal dan internal pun harus dilihat dengan jeli, faktor eksternal seperti yang telah dibahas di atas bisa dilihat dari label pada kemasan seperti anak kecil tidak boleh meminum obat untuk orang desawa, Batasan waktu, dan cara pakai.

BACA JUGA: Keajaiban Alam, Eksplorasi Aneka Tanaman Herbal dan Khasiat Ajaib yang Menggetarkan!

Faktor eksternal biasanya terdapat pada cara menkomsumsi, takaran dalam meminum, pilih obat yang tepat seperti halnya dengan takaran konsumsi anak pada usia minimum seperti anak kecil takaran minumnya berbeda dari orang dewasa.

Misal dengan dosis yang sedikit, dan pilih obat yang tepat semisal suatu produk memiliki manfaat yang banyak ada pereda sakit gigi, penurun demam, flu, batu dan ada juga obat yang hanya terkhusus pada sakit gigi, sakit tenggorokkan. 

Biasanya obat yang banyak manfaatnya dosis yang diperlukan dalam kemasan terbilang rendah, akan tetapi obat yang terkhusu pada satu penyakit hal ini kebanyakkan dosisnya pada obat terbilang banyak supaya lebih efektif dalam penyembuhannya.


Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menkonsumsi Tanaman Herbal--freepik

3. Obat herbal yang berbentuk krim bisa langsung dioleskan pada bagian tubuh yang memerlukan perawatan.

Obat herbal yang berbentuk krim bisa langsung dioleskan pada bagian tubuh yang memerlukan perawatan, hal ini biasanya tidak dioleskan seluruhnya ke badan melainkan hanya sebagian yang dioleskan pada tubuh yang sakit supaya meredahkan.

Gejalanya seperti dioleskan di punggung meredahkan pegal-pegal, kaki berair dikarenakan sering berendam di air obatnya dioleskan pad sela-sela jari yang kesakitan, bintik-bintik di badan karena di gigit oleh nyamuk obatnya di oleskan pada badan yang terkena bintik-bintik supaya tidak gatal, dan contoh yang lainnya.(*)

Kategori :