Toyota Mengajak Masyarakat Bersatu dalam Kampanye untuk Netralitas Karbon

Minggu 10-12-2023,17:28 WIB
Reporter : Abidin Riwanto
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Toyota, perusahaan otomotif terkemuka, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berkontribusi aktif dalam upaya netralitas karbon.

Melalui kampanye yang bertajuk "It's Time for Everyone," Toyota berkomitmen untuk mendukung program netralitas karbon sebagai langkah pencegahan risiko pemanasan global dan perubahan iklim.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah aktif melakukan berbagai aksi pengurangan emisi karbon dan melaksanakan program carbon offset dalam beberapa inisiatif sejak beberapa tahun terakhir.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, menyatakan bahwa komitmen Pemerintah Indonesia melalui target Net Zero Emission (NZE) 2060 sejalan dengan prinsipal Toyota yang tercermin dalam Toyota Environmental Challenge 2050 sebagai tanggapan terhadap perubahan iklim.

BACA JUGA:Orderan Baliho Caleg Dan Parpol Membludak, Pengusaha Percetakan Beroperasi 24 Jam

"Dengan gerakan 'It's Time for Everyone,' Toyota memberikan akses bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau," ujar Henry, sebagaimana dilansir dari laman resmi id.itstimeforeveryonemovement.co.id.

Toyota telah melibatkan diri dalam sejumlah upaya untuk mewujudkan netralitas karbon di Indonesia. Salah satunya adalah kolaborasi dengan startup Rekosistem terkait pengadaan stasiun sampah atau waste station di berbagai lokasi di Tanah Air.

Upaya ini telah dimulai sejak Desember 2022, di mana sampah anorganik yang terkumpul melalui waste station diolah dengan prinsip 3R (reuse, reduce, recycle) bersama tim Rekosistem. Hingga saat ini, lebih dari 77.303,41 kg sampah telah terkumpul melalui waste station tersebut.

Tak hanya melibatkan diri dalam pengadaan waste station, Toyota juga turut aktif dalam memberikan edukasi terkait kesadaran netralitas karbon, pengurangan emisi karbon, dan kompensasi karbon. Edukasi ini menjadi penting untuk mengajak lebih banyak masyarakat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi masa depan

BACA JUGA:All-New Kijang Innova Zenix Sebuah Kepuasan untuk Mobilitas Ramah Lingkungan

Toyota telah menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi, termasuk Carbon Neutral Workshop yang membahas isu-isu pemanasan global dan tantangan lingkungan di masa depan. Melalui workshop ini, Toyota berharap dapat menciptakan lebih dari 100 agen perubahan pada tahun 2023.

Perlu diingat bahwa agenda netralitas karbon yang diusung oleh Toyota merupakan bentuk dukungan terhadap komitmen pemerintah Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam menangani perubahan iklim melalui program Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.(*)

Kategori :