Suka Memanjangkan Kuku Demi Penampilan, Ini Bahaya yang Mengancam

Suka Memanjangkan Kuku Demi Penampilan, Ini Bahaya yang Mengancam

Suka Memanjangkan Kuku Demi Penampilan, Ini Bahaya yang Mengancam--islampos.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kuku yang panjang adalah suatu hal yang sangat disukai terutama bagi mereka kaum perempuan. Menurut mereka Kuku yang panjang akan menunjang penampilan menjadi lebih menarik. Terutama apabila Kuku yang panjang, dirapikan dan diberi warna. Tentu saja akan menjadi kesenangan tersendiri bagi kaum perempuan.

Namun, tidak hanya kaum perempuan saja, kaum lelaki pun terkadang ada yang memelihara kuku mereka dan membiarkannya panjang karena beberapa alasan tertentu.

Namun, apakah kalian tahu kuku adalah sumber penyakit? Terutama kuku yang panjang dan kotor. Virus dan bakteri serta kuman-kuman akan banyak bersarang di kuku kalian. Tidak dapat dibayangkan apabila kalian makan menggunakan tangan tanpa sendok dan garpu dengan kuku yang panjang dan kotor. Kalian akan mendatangkan penyakit bagi tubuh kalian segera.

Lalu apa saja bahaya memiliki kuku yang panjang?

BACA JUGA:Kenali Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

BACA JUGA:Waw! Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Manfaat

1. Sering membuat luka

Memiliki kuku yang panjang akan mendatangkan banyak bahaya bagi tubuh kita baik itu kedalam tubuh maupun keluar tubuh kita. Saat kita memiliki kuku yang panjang, kadang goresan sedikit saja pada kulit kita, maka kulit akan tercakar dan terluka bahkan tak jarang hingga mengeluarkan darah terutama apabila kuku kita tajam. Saat sedang tertidur pun tubuh kita akan secara tidak sadar menggaruk permukaan kulit kita, terutama apabila kita tertidur dalam keadaan banyak nyamuk. 

Garukan-garukan pada permukaan kulit secara tidak sadar pada saat kita tertidur maka akan menimbulkan luka yang dapat kita lihat pada pagi harinya. Berbeda dengan apabila kita memiliki kuku yang pendek, saat kita menggaruk baik itu secara sadar maupun tidak, maka tidak akan sampai menimbulkan luka apalagi sampai mengeluarkan darah.

2. Rentan patah

Saat memiliki kuku yang panjang, kita tidak dapat sembarangan dalam melakukan tindakan yang melibatkan tangan. Apabila tangan terutama kuku kita terbentur, saat kondisi kuku kita sedang panjang maka kuku akan patah dan menyebabkan luka. Tak jarang kuku sampai terangkat hingga kelihatan daging dibawah kuku kita. Terutama untuk kaum pria yang suka olahraga bola kaki namun tidak memperhatikan kondisi kuku kakinya dan tidak sadar saat bermain kukunya sedang dalam keadaan panjang. Saat mereka menandang bola maka kuku dapat patah bahkan pecah.

3. Sumber penyakit

Selain membahayakan kuku sendiri, kuku pun dapat menampung banyak sekali virus, bakteri, hingga kuman didalamnya. Kuku yang panjang dapat menyebabkan penyakit salah satunya diare pada tubuh kita karena virus dan bakteri penyebab diare dapat bersembunyi dibawah kuku kalian. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

4. Menyebabkan cacingan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber