Kenali Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

Kenali Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

Kenali Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan--Siloamhospital.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ada banyak faktor yang membuat sebagian besar orang terpaksa menunda waktu tidurnya,s seperti deadline pekerjaan, gaya hidup, bahkan kondisi medis tertentu bisa membuat orang terpaksa begadang bahkan tidak tidur sampai larut malam dan dini hari.

Efek atau dampak yang tidak baik bagi tubuh seseorang tentu saja bermunculan ketika seseorang sering kali menunda tidur atau begadang. Begadang tentu saja dapat menyebabkan rusaknya kolagen yang terdapat dalam kulit kita.

Rusaknya kolagen dalam kulit tersebut tentu saja akan menimbulkan beragam permasalahan kulit, yakni seperti munculnya garis kerutan yang ada di wajah, mata panda, jerawat, dan permasalahan kulit lainnya.

Begadang tidak hanya menimbulkan permasalahan bagi kulit kita saja, terdapat juga beberapa dampak buruk lainnya yang muncul akibat dari begadang ini. Dampak buruk tersebut perlu kalian semua ketahui agar bisa mengurangi resiko yang tidak baik dari tubuh.

BACA JUGA:Waw! Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Manfaat

BACA JUGA:Kenali Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menyebabkan Masalah Mental

Efek atau dampak buruk yang pertama akibat dari begadang ini ialah menyebabkan masalah mental. Ketika kalian kurang tidur, tentu saja tubuh kalian akan sangat rentan mengalami stres.

Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang ada di tubuh kalian akan memicu terserangnya stress. Hormon kortisol ini akan lebih banyak di prosuksi dalam tubuh ketika kalian kekurangan waktu tidur atau begadang.

2. Memicu Obesitas

Dampak buruk yang muncul akibat dari begadang selanjutnya ialah memicu obestitas. Begadang tentu saja dapat menyebabkan berat badan seseorang akan bertambah yang nantinya akan memicu munculnya obesitas atau kelebihan berat badan.

Tidur adalah waktu istirahat yang memiliki manfaat untuk memprosuksi hormon tertentu serta memulihkan energi. Adapun hormon yang diproduksi ketika sedang tidur ialah hormon pengatur rasa kenyang dan lapar atau disebut sebagai hormon gherlin dan leptin.

Ketika kalian memaksakan diri untuk begadang tentu saja tubuh akan lebih mudah merasakan lapar yang nantinya menjadikan kalian mengkonsumsi makanan tidak teratur.

3. Memicu Permasalahan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siloamhospital.com