Mitos Kucing Hitam dan Kepercayaan di Kalangan Masyarakat Umum

Mitos Kucing Hitam dan Kepercayaan di Kalangan Masyarakat Umum

Mitos Kucing Hitam dan Kepercayaan di Kalangan Masyarakat Umum--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Siapa yang tidak tahu dengan annabul yang satu ini, kucing merupakan hewan peliharaan yang diyakini hewan paling disayangi Rasulullah SAW. Namun beberapa warna kucinng juga mempengaruhi keyakinan atau stigma masyarakat terhadap hewan ini.

Kucing yang mempunyai warna terang dan gelap seperti orange, putih, kuning, merah dan masi banyak lagi, warna tersebut adalah simbol bersih dan kebahagiaan. Namun warna gelap seperti abu-abu, cokelat dan hitam, melambangkan kematian, duka, ghaid, dalam, tegas, tragedy dan lain sebagainya.

Nah ngomong masalah warna kucing, banyak sekali mitos terkait kucing dengan warna gelap khususnya warna hitam. Kira –kira, apa saja mitos yang diyakini masyarakat luas terkait kucing berwarna hitam atau kucing hitam ini. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Mengutip dari momsmoney.id, Mitos dan kepercayaan tentang kucing hitam juga berbeda. Ada masyarakat yang menganggap kucing hitam sebagai pertanda buruk, namun ada juga budaya yang menganggap kucing hitam sebagai pertanda baik.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Fornite Akan Berkolaborasi dengan Anime Attack On Titan di Update Terbarunya

BACA JUGA:Counter Strike: Global Offensive Pecahkan Rekor, Tembus 1,4 Juta Pemain di Steam

1.      Inkarnasi penyihir hitam

Selama Abad Pertengahan di Eropa dan Amerika, kucing hitam sering dikaitkan dengan ilmu hitam dan sihir. Kucing hitam yang berkeliaran di malam hari saat ini dianggap sebagai perwujudan penyihir gelap dalam penyamaran manusia, hewan peliharaan

penyihir yang dibebaskan, setan dalam penyamaran binatang yang dikendalikan oleh penyihir, Pelaut dikirim untuk memata-matai manusia. Karena mitos ini, banyak cerita fantasi masa kini yang menggunakan kucing hitam sebagai simbol penyihir. Kucing hitam juga sangat populer selama Halloween di AS.

2.      Diyakini Mendapatkan Sial

Tak hanya terkait dengan santet, banyak kucing hitam yang dianggap sebagai pertanda kesialan. Faktanya, beberapa budaya kuno percaya bahwa kucing hitam adalah pertanda kematian.

Misalnya, di Italia abad ke-16, diyakini bahwa orang yang sakit akan cepat mati jika didekati oleh seekor kucing hitam. Sementara itu, di Amerika Utara, seekor kucing hitam yang bertemu atau berjalan melewati Anda sering dianggap sebagai pertanda nasib buruk yang akan datang.

Ada juga orang yang percaya bahwa kucing hitam yang muncul di pemakaman berarti orang lain akan mati. Untungnya, semua asumsi ini hanyalah mitos, jadi Anda tidak perlu mempercayainya.

 

3.      Lucky Omen

Seekor kucing hitam tidak selalu dianggap sebagai pertanda kesialan. Di beberapa negara, kucing hitam dianggap sebagai pertanda keberuntungan. Misalnya, dalam budaya Mesir kuno, kucing hitam dianggap sebagai simbol kebangsawanan karena kemiripannya dengan dewi Bastet, dewi kesuburan dan perlindungan dari penyakit.

·         Berikut beberapa contoh lainnya:

·         Di Eropa, diyakini bahwa para pelaut akan aman dalam pelayaran mereka jika mereka membawa kucing hitam ke dalam kapal.

·         Di Skotlandia, seekor kucing hitam muncul di depan pintu sebuah rumah yang menandakan kemakmuran yang akan datang.

·         Di Prancis, kucing hitam dianggap sebagai tanda keajaiban yang akan datang.

·         Di Jepang, diyakini akan lebih mudah menemukan pendamping jika menemukan kucing hitam.

4.      Membuat Arwah Gentayangan Bilah Dilompati Kucing Hitam

Nah, mitos yang satu ini jarang beredar di masyarakat luas, namun ada beberapa penduduk desa yang meyakini bahwa kucing hitam adalah petinggi semua jenis kucing yang menjelma dari iblis. Jadi jika ada seorang yang baru meninggal dunia dan dikafani, jangan sampai ada kucing yang melompatinya, karena bisa membuat arwah orang tersebut tidak tenang atau gentayangan nantinya.

Mungkin Ini saja yang bisa kita bahas tentang mitos kucing hitam. Ingat, karena ini hanyalah mitos, Anda tidak perlu mempercayainya. Kucing hitam seperti kucing lainnya, sangat menyenangkan dan mendambakan kasih sayang manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: momsmoney.id