3 Juru Kunci Legendaris Penjaga Gunung Berapi yang Setia Sampai Akhir Hayat

3 Juru Kunci Legendaris Penjaga Gunung Berapi yang Setia Sampai Akhir Hayat

Mbah Maridjan, juru kunci legendaris Gunung Merapi.--instagram.com/@jalurpuncak

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Masyarakat zaman dahulu hingga sekarang masih percaya bahwa terkadang di tempat-tempat yang sakral di Indonesia pasti memiliki sesosok penunggu. Oleh karena itu perlu seseorang yang bertugas menjadi juru kunci.

Juru Kunci atau bisa disebut juga Kuncen, merupakan seseorang yang telah dipilih untuk menjaga tempat-tempat sakral. Tidak semua orang bisa menjadi seorang juru kunci, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa dan dapat menggenggam amanah yang dapat melakukannya. Pasalnya, untuk menjadi seorang juru kunci kita perlu terlebih dahulu mendapatkan restu dari sosok yang menunggu.

Gunung berapi di Indonesia juga dianggap sebagai tempat yang sakral. Oleh karena itu diperlukan seorang juru kunci yang memiliki peran sebagai seseorang yang dapat membaca situasi dan kondisi Gunung berapi, terlebih jika sedang menunjukkan tanda-tanda akan erupsi. Oleh karena itu, peran juru kunci sangat penting, utamanya bagi keselamatan masyarakat di wilayah Gunung berapi tersebut.

Nah, ini dia tiga juru kunci legendaris yang tetap setia menjaga gunung hingga akhir hayatnya. Siapa saja mereka? Simak artikel berikut ini.

BACA JUGA:Peserta PALTV Junior Palembang 3x3 Basketball Championship Siap Berlaga dengan Sportif

BACA JUGA:Video: Sosialisasi Kompetisi Vlog Anti Korupsi Sejak Dini

Mbah Dipo Juru kunci Gunung Semeru

Yang pertama ada Mbah Dipo seorang juru kunci dari Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, lokasi tepatnya berada di Lumajang di Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl merupakan gunung berapi yang cukup aktif di Indonesia.

Sebelum wafat, Mbah Dipo meninggalkan satu pesan penting yang isinya ketika Gunung Semeru meletus, jangan pernah berlari ke arah Gunung Sawur, tapi masyarakat harus mengikuti arah aliran sungai. Pesan ini masih dipegang oleh masyarakat sekitar Gunung Semeru.

Mbah Syamsuri Juru Kunci Gunung Slamet

BACA JUGA:3 Hewan yang Pernah Menorehkan Sejarah Dunia

BACA JUGA:Bingung Jatah Bulanan Cepat Menipis Ketika Bulan Puasa? Tips Agar Anak Kos Bisa Hemat Saat Ramadan

Gunung Slamet merupakan gunung di Jawa Tengah. Sosok Mbah Syamsuri merupakan orang yang baik dan sangat disegani sebagai juru kunci Gunung Slamet. Bahkan sosok Mbah Syamsuri dikenal banyak pendaki. Pasalnya, sebelum mendaki ke puncak Gunung Slamet, mereka harus minta izin dulu ke Mbah Syamsuri. Namun ada cerita di mana Mbah Syamsuri bukan juru kunci sah dari Gunung Slamet. Karena pada saat Mbah Syamsuri ini meminta izin, belum direstui oleh penunggu Gunung Slamet.

Mbah Maridjan Juru Kunci Gunung Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/anothersun