Imigrasi Akan Keluarkan Visa Baru untuk Suporter Luar Negeri

Imigrasi Akan Keluarkan Visa Baru untuk Suporter Luar Negeri

Ilustrasi pemeriksaan paspor dan visa di Kantor Imigrasi.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Baru-baru ini pihak imigrasi menyampaikan akan ada visa baru yang dikeluarkan di Indonesia. Direktur Jenderal (Dirjen) imigrasi, Silmy Karim mengatakan mereka tengah mempersiapkan visa baru. Dalam visa baru tersebut, di antaranya akan ada visa olahraga, yang mana tujuannya untuk mempermudah akses suporter luar negeri yang datang ke Indonesia.

“Kita akan ada beberapa visa baru, sebenarnya sudah ditandatangani Pak Menteri tapi saya akan cari waktu yang tepat untuk launching. Salah satunya visa olahraga, jadi misalnya ada pertandingan di Indonesia, mereka (suporter dari luar negeri) kalau misalnya cari kan ada jenisnya, supaya mereka mudah, di Google juga gampang, mereka browsing gampang, ya visa sport kan,” ungkap Silmy pada awak media di GBK, Jakarta pada Minggu (5/3/2023).

Kemudian hal ini juga untuk memanfaatkan momentum yang baik yaitu mendapatkan pemasukan dari kegiatan pariwisata dan kegiatan olahraga yang diselenggarakan di Indonesia.

“Indonesia menjadi negara tempat berlangsungnya event besar, ada GP, rencana F1, FIFA U-20. Kalau misalnya suporternya bingung kan nanti menghambat mereka datang ke Indonesia, sehingga Indonesia kehilangan momentum untuk mendapatkan income dari pariwisata atau memanfaatkan kegiatan olahraga yang ada di Indonesia, jadi kita permudah visa sport,” lanjut Dirjen Imigrasi itu.

BACA JUGA:Presiden Jokowi dinobatkan sebagi Bapak Olahraga Indonesia oleh NOC

BACA JUGA:Anda Bassis? Berikut Rekomendasi 7 Merek Gitar Bass Terbaik di Dunia

Visa sport itu sebagai bentuk dukungan dan kemudahan bagi olahragawan yang akan mendaftar. Menurut Dirjen Imigrasi itu, hal ini juga dapat membentuk image baik Indonesia di kancah Internasional.

“Nah, kemudian nantinya kalau olahragawan yang mendaftar itu mudah kan juga imagenya baik di luar negeri secara online lagi, itu salah satunya, tunggu tanggal mainnya,” ungkap Silmy.

Terkait peluncuran dari kartu ini masih menunggu waktu yang tepat. Pihak Imigrasi mengatakan visa tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat pada bulan ini. Perkiraan sebelum 100 hari kerja, akan diluncurkannya visa baru tersebut. Sistemnya juga sedang dalam pengerjaan supaya memudahkan ketika dalam proses pengajuan.

“Dalam waktu dekat, bulan Maret lagi diatur dalam sistem supaya mempermudah orang yang apply. Jadi bulan ini, sebelum 100 hari ada beberapa visa baru yang akan kita luncurkan ke asing,” pungkas Dirjen Imigrasi itu.* (Euriko Yoseph Pangaribuan, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber