3 Meteor Terbesar yang Pernah Jatuh ke Bumi

3 Meteor Terbesar yang Pernah Jatuh ke Bumi

Meteor terbesar yang pernah jatuh ke Bumi.--instagram.com/@astrologiaevita

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Pada saat batuan dari luar angkasa jatuh ke arah Bumi, batuan tersebut terbakar di atmosfer sebelum mencapai Bumi, lalu menguap menjadi meteor atau sering kita lihat sebagai bintang jatuh. Dari ribuan meteor yang akan jatuh ke Bumi, hanya beberapa yang bisa menghantam dan mendarat di Bumi sebagai meteorit.

Namun, ada pula beberapa di antaranya juga yang berhasil masuk ke Bumi. Maka dari itu, beberapa meteor yang jatuh ke permukaan Bumi banyak menimbulkan kerusakan, namun tidak sebesar kerusakan yang dibuat oleh asteroid. Berikut ini beberapa batu luar angkasa terbesar yang jatuh ke Bumi.

1. Hoba

Hoba merupakan meteorit terbesar yang pernah jatuh ke Bumi. Hoba terletak di Namibia, dan tidak pernah dipindahkan.

BACA JUGA:Catat, Ini dia 5 Mata Uang Terkuat di Dunia Tahun 2023

BACA JUGA:Kabar Terbaru! Bandai Namco Umumkan Dragon Ball Z Budokai Tenkaichi Seri Baru Akan Segera Hadir

Berat Hoba hampir dua kali dari El Chaco dengan berat mencapai 60 ton. Dengan luas 6,5 meter persegi menjadikannya sebagai bagian terbesar dari besi alami dan diketahui yang pernah ada di permukaan Bumi. Hoba tidak pernah dipindahkan dari awal mendarat sekitar 80.000 tahun silam. karena ukurannya yang sangat besar, batu ini juga tidak pernah ada yang menggali.

2. El Chaco

El Chaco merupakan meteorit terberat kedua yang ditemukan di Bumi, dengan berat mencapai 37 ton. Pada tahun 1969, El Chaco ditemukan 5 meter di bawah tanah menggunakan alat pendeteksi logam, walaupun kawah di sekitarnya sudah dikenal oleh penduduk setempat.

Campo del Cielo Sekelompok meteorit yang bertanggung jawab atas bidang kawah seluas 60 kilometer persegi dan memiliki nama yang sama di Argentina. Pada tahun 1990,  pemburu meteorit Robert Haag ada rencana untuk mencuri El Chaco, namun dia ditangkap oleh petugas polisi Argentina setempat.

BACA JUGA:Kunjungan Peziarah ke Makam Kiai Marogan Melonjak Pasca Pandemi

BACA JUGA:Penambang dan Pengelola Minyak Mentah Muba Datang ke Palembang, Sampaikan Aspirasi kepada Gubernur Sumsel

3. Cape York

Cape York merupakan meteorit terbesar ketiga yang pernah ditemukan dalam sejarah. Hampir 10.000 tahun yang lalu, meteorit Cape York bertabrakan dengan Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber