Tips Memulai Bisnis Kreatif agar Terhindar dari Kerugian

Tips Memulai Bisnis Kreatif agar Terhindar dari Kerugian

Ilustrasi bisnis kreatif.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan disebut dengan istilah bisnis. bisnis didefinisi sebagai suatu kegiatan dalam bentuk penyediaan jasa dan Barang untuk dipergunakan dalam sistem jual beli, demi membangkitkan sistem perekonomian pribadi ataupun kelompok.

Kreatif merupakan sebuah kemampuan atau softskill yang dimiliki seseorang untuk menciptakan hal baru, baik berupa gagasan ataupun karya nyata yang kemungkinan sebelum itu belum pernah ada. Kreatif dapat berupa hal baru dan juga revolusi dari sebuah hal lama, demi mendapatkan ciri khas tersendiri dalam sebuah gagasan ataupun produk. Kreatif juga didefinisi sebagai pengembangan sebuah ide untuk menemukan sebuah peluang.

Jadi jika kita sambungkan kedua pengertian diatas, bisa kita cerna bahwa bisnis dan kreatif mempunyai kesatuan yang dapat menghasilkan sebuah peluang dalam membangun perekonomian. Mengutip dari store.sirclo.com, bisnis kreatif adalah semua unsur usaha, seperti fasilitas, produksi, dan distribusi dalam industri seni, desain, budaya, serta inovasi. Kedua elemen ini dijalankan  secara berkelanjutan, dan mempunyai dampak sosial.

Bagaimana tidak, jika kita menjalani sebuah usaha, berarti kita menyediakan jasa untuk ditawarkan kepada konsumen. Jadi, secara tidak langsung kita mempengaruhi lingkungan sosial dengan hubungan jual beli suatu produk atau jasa.

BACA JUGA:Resep Kue Gabin Isi Tape, Ramah di Kantong dan Cocok Buat Menu di Bulan Ramadhan 2023

BACA JUGA:Reuni 2 Kage is Real! Psychoo Resmi Gabung Alter Ego Susul Udil

Mengutip dari berbagai sumber, jika kalian ingin memulai bisnis kreatif, maka anda harus mengutamakan beberapa hal penting ini.

1. Lakukan riset bisnis

Cobalah untuk menganalisis perkembangan sebuah bisnis yang relevan untuk kebutuhan zaman saat ini. Riset juga penting dilakukan pada sektor bisnis yang akan digarap. Siapa saja target konsumen anda, siapa saja yang akan menjadi partner kerja dalam bisnis tersebut, dan mulailah untuk mencari mitra pada bisnis yang akan anda jalani. 

2. Susun rencana bisnis

BACA JUGA:Pusing Kerjakan Skripsi? Coba Lakukan Ini Biar Tidak Stres

BACA JUGA:Pesona Ayek Pacar, Destinasi Wisata Buatan di Kabupaten Lahat

Tanpa perencanaan yang matang, sebuah bisnis akan sulit berkembang dan sulit menghasilkan keuntungan. Rencana bisnis di sini bisa saja berupa tempat pengelolaan bisnis tersebut. Bisa berupa stand, toko, ruko, ataupun rumah sendiri yang kiranya bisa dipakai sebagai tempat berjalannya bisnis tersebut. Tanpa adanya tempat, bisnis tidak akan pernah bisa dijalankan.

3. Manfaatkan modal dengan maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber