Takut Gagal SNBP? Berikut Solusi Agar Dapat Lolos Kuliah Jalur Prestasi

Takut Gagal SNBP? Berikut Solusi Agar Dapat Lolos Kuliah Jalur Prestasi

Takut Gagal SNBP? Berikut solusi agar dapat lolos kuliah jalur prestasi--pixabay.com/HtcHnm

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru semester genap sekaligus penerimaan mahasiswa baru disetiap intansi baik SMP, SMA dan Kuliah. Biasanya setiap siswa kelas 12 mulai menyiapkan rencana dan strategi untuk dapat memasuki sekolah impiannya.

Karena untuk memasuki sekolah atau kampus impian tidak bisa hanya bermodalkan impian dan doa saja, namun juga harus ada aksi serta tindakan nyata dari diri anda sendiri. Mulailah untuk membangun kebiasaan dan juga sifat positif dalam kehidupan anda, jauhi pengaruh negatif yang datang dari syahwat atau hawa nafsu dan juga dari pengaruh lingkungan pertemanan anda. 

Untuk masa depan tidak ada yang bisa merubahnya selain anda sendri. Selaku siswa yang cermat dan cerdas. yang mempunyai keinginan memasuki salah satu perguruan tinggi favorite di indonesia maupun di luar negeri, anda tentu harus mempunya strategi yang matang untuk dapat mewujudkannya. Mulai dari persiapan akademik dan kesehatan mental fikiran. 

Ada beberapa jalur yang dapat anda tempuh, untuk mendapatkan kelulusan masuk perguruan tinggi. Dan disini kita akan membahas pengalaman yang bisa dijadikan pedoman para calon mahasiswa, untuk lulus dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang kerap dikenal sebagai Jalur Undangan/Istimewa. 

BACA JUGA:Gedung Bersejarah Rusak Parah, Tuntutan Gedung Kesenian Palembang Kian Menguat

BACA JUGA:Rahasia Meningkatkan Daya Ingat dan Menghafal Lebih Mudah

Apa saja Tips dan Trik lolos SNBP berdasarkan pengalaman :

1. Pertahankan Grafik Penilaian setiap mata pelajaran dari semester 1 sampai 6 saat di SMA

Jika tidak bisa meningkatkan nilai setidaknya anda bisa mempertahankan nilai agar tetap stabil sampai dengan kelas 12 semester akhir. Grafik nilai yang umumnya digunakan untuk seleksi SNBP ini adalah dari rendah, sedang, ke tinggi.

Namun ada juga yang nilainya stabil sampai akhir. Kemungkinan, jika anda bisa mningkatkan ataupun mempertahankan nilai anda di raport, besar kemungkinan lolos seleksi SNBP ini.

2. Lakukan Konsultasi secara berkala terkait SNBP kepada wakil kurikulum, wakil kesiswaan ataupun staff tata usaha sekolah. Untuk mendapatkan informasi ter-update dari jalur penerimaan mahasiswa baru ini, tentunya kita harus banyak mencari informasi salah satunya kepada pihak sekolah yang bersangkutan.

Jika kita bisa meminta bantuan terhadap pihak sekolah terkait rencana pengambilan jurusan impian anda, tentu akan ada tindak lanjut dari pihak sekolah tersebut untuk memberikan jalan keluar serta solusi kepada anda. Biasanya berbentuk pengelolahan nilai raport agar bisa dipakai saat SNBP. 

3. Lakukan analisa terhadap nilai raport, serta tandai nilai mapel yang grafiknya bagus. Maksud disini adalah, jika anda ingin memilih jurusan akuntansi dan manajemen berarti anda harus berpatokan pada grafik nilai ekonomi pada raport SMA anda.

Jika anda memilih jurusan kedokteran atau perawat, biasanya pihak kampus menilik nilai Ilmu Pengetahuan Alam. Jika anda memilih jurusan Hukum, berarti nilai yang jadi patokan adalah nilai IPS. Jadi kita harus bisa memprediksi nilai yang setidaknya ada sangkut paut dengan jurusan yang dituju. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: