Tips Merawat Mesin Mobil Agar Berumur Panjang

Tips Merawat Mesin Mobil Agar Berumur Panjang

Tips merawat mesin mobil agar panjang umur--wuling.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kita sebagai pemilik terutama pecinta mobil tentunya tidak ingin kan mobil kesayangan kita ada kerusakan walaupun hanya sedikit, karena sedikit saja masalah pada mobil, maka akan menimbulkan dampak yang serius kepada mobil kita ke depannya. 

Bukan hanya bagian luar dan dalam mobil saja yang diperhatikan. Mesin mobil pun harus tetap dijaga dan dirawat guna mencegah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan. Jika kalian terutama kaum perempuan yang sering kali cuek kepada Mesin mobil, maka siap-siap saja kalian akan mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki kerusakan yang awalnya kalian sepelekan.

Jika kalian kurang memahami komponen-komponen dalam mesin mobil serta apa saja perawatannya, maka setidaknya kalian tetap harus memperhatikan hal ini agar kondisi mobil kita akan tetap sehat. Berikut ini tips merawat mesin mobil agar tetap awet dilansir dari mitsubishi-semarang.com

1. Pilih bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil kita

Jangan terlalu perhitungan dan pelit kepada mobil yang menemani kita berpergian sehari-hari. Ada banyak pilihan jenis bahan bakar yang tersedia ditempat pengisian bahan bakar. Tentu saja semakin bagus kandungannya maka akan semakin mahal pula. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan jenis mobil kita. Dengan mengeluarkan biaya lebih untuk pilihan bahan bakar yang bagus akan lebih baik apabila mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kerusakan pada mobil kita. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Hadiah untuk Orang Tersayang di Hari Kasih Sayang

BACA JUGA:Dwitri: Wanita Harus Bangga Jadi Wartawati

2. Selalu panaskan mobil terlebih dahulu terutama mobil yang jarang digunakan

Untuk kalian pemilik mobil yang lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua, maka hendaklah selalu perhatikan kapan terkahir mobil anda dihidupkan. Memanaskan mesin mobil akan membuat mobil kita menjadi awet dan menghindari dari berbagai kerusakan. Memanaskan mobil yang sering digunakan setidaknya lima menit sebelum dijalankan akan membantu penyebaran pelumas dalam mesin mobil merata. Untuk mobil yang jarang digunakan, tentu saja waktu pemanasannya akan lebih lama.

3. Ganti oli tepat waktu

Satu hal ini sering dilewatkan oleh kalian pengguna mobil. Terlalu cuek dan menyepelehkan waktu sehingga waktu untuk ganti oli sudah terlewat. Pergantian oli mobil yang baik, sebaiknya dilakukan setiap 10 ribu kilometer. Namun, untuk kalian yang tinggal di kota dan sering terkena macet disarankan setiap 5 ribu kilometer guna mencegah kerusakan pada mesin mobil kalian.

4. Mengisi air radiator menggunakan cairan khusus

Air radiator perlu diperhatikan, apabila sudah mulai mengering segeralah isi air radiator kalian guna mencegah mesin mobil menjadi overheat. Banyak dari kita yang mengisi air radiator cukup menggunakan air bersih entah itu air keran ataupun air minum. Sebenarnya ada cairan khusus radiator atau coolant yang memang dibuat untuk mengisi air radiator.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mitsubishi-semarang.com